UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peningkatan produksi biomassa spirulina plantesis melalui pengaturan konfigurasi reaktor dengan perlakuan pencahayaan alterasi

Tri Wahyuni Saputri; Dianursanti, supervisor; Anondho Wijanarko, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia;, 2007)

 Abstrak

Berbagai cara telah dilakukan untuk menanggulangi kekurangan gizi. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan padat gizi seperti mikroalga Spirulina plantesis. Selain mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan manusia, Spirulina juga dapat memfiksasi CO2 melalui reaksi fotosintesis dengan bantuan energi cahaya sehingga dapat mengurangi kadar CO2 di atmosfir. Mengingat potensi yang dimiliki, penelitian difokuskan kepada optimasi produksi biomassa Spirulina plantesis melalui pengaturan konfigurasi reaktor.
Penelitian ini akan mengkultivasi Spirulina plantesis di dalam fotobioreaktor susun seri (sebanyak tiga buah) dan reaktor tunggal sebagai pembanding. Pencahayaan yang digunakan adalah pencahayaan alterasi karena jenis pencahayaan ini telah terbukti dapat menghasilkan produksi biomassa mikroalga yang lebih besar dibandingkan dengan jenis pencahayaan lain. Pencahayaan alterasi dilakukan dengan menaikkan intensitas cahaya selama kultivasi sesuai dengan jumlah biomassa yang terdapat di dalamnya.
Pengkultivasian berlangsung dalam fotobioreaktor kolom gelembung dengan volume 500 ml untuk reaktor susun seri dan 1500 mL untuk reaktor tunggal menggunakan medium conwy pada temperatur 29_C dan tekanan operasi 1 atm. Sumber cahaya yang digunakan adalah lampu Phillips Halogen 20W/12V/50Hz. Fotobioreaktor dialiri udara yang mengandung CO2 sebesar 3% sebagai sumber karbon-nya dengan kecepatan superfisial gas (UG) sebesar 1,2 m/h.
Penggunaan fotobioreaktor yang disusun seri dapat menghasilkan biomassa 9,5% lebih banyak daripada fotobioreaktor tunggal untuk berat kering sel awal yang sama (0,106 g/dm_). Berat kering sel akhir untuk reaktor tunggal 0,176 g/dm_, untuk reaktor seri adalah 0,190g/dm_, 0,188g/dm3 dan 0,193 g/dm_. Selain itu, energi cahaya yang digunakan untuk produksi biomassa pada reaktor susun seri lebih besar 45% daripada reaktor tunggal. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan pada optimasi produksi biomassa Spirulina plantesis dalam skala yang lebih besar.

 File Digital: 1

Shelf
 S49837-Tri Wahyuni Saputri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S49837
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia;, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 65 hlm.; ill.; 30 cm. + lamp
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49837 14-20-001304141 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247549
Cover