UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

Perumusan strategi peningkatan kepuasan konsumen untuk layanan paket pos PT Pos Indonesia

Aga Kristila; Djoko Sihono Gabriel, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)
 Abstrak
Persaingan usaha yang semakin menguat di dalam industri jasa pos dalam
kurun waktu lima tahun terakhir ini dipicu dengan munculnya berbagai perusahaan
jasa kurir baru yang berupaya menggarap dan memanfaatkan peluang usaha yang
semakin terbuka dan cukup menjanjikan. Sementara itu, adanya perkembangan
kebutuhan masyarakat yang selaras dengan tuntutan akan kualitas Iayanan yang
terus bergerak memainkan peranan penting dalam kelangsungan hidup suatu
perusahaan.
Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan suatu perencanaan strategi untuk
dapat tems bertumbuh, bersaing dan mencapai hasil yang diharapkan. Manajemen
strategi merupakan suatu cara tepat yang dapat membantu perusahaan dalam rneraih
keberhasilan di bidang usahanya. Manajemen stralegi melipuli proses perencanaan,
pelaksanaan dan pengevaluasian strategi untuk dapat mencapai sasaran dan tujuan
perusahaan. Adanya pemahaman rnengenai kondisi lingkungan internal dan
eksternal akan membantu perusahaan dalam menyusun langkah-langkah strategi
yang tepat untuk mencapai sasaran tersebut.
Pada Skripsi ini, Penulis berusaha menyusun suatu strategi tingkat bisnis
untuk layanan paketpos dengan mengacu pada strategi tingkat korporat yang telah
disusun oleh PT Pos Indonesia, yang diharapkan dapat membantu perusahaan dalam
upaya mencapai tujuannya.
Penyusunan strategi diawali dengan analisa lingkungan internal untuk
rnengetahui faktor-faktor apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan PT Pos
Indonesia serta analisa lingkungan eksternal untuk mengetahui peluang dan
ancaman yang dihadapi perusahaan yang hasilnya akan dirangkum dalam matriks
IFE (Internal Factor Evaluation) dan matrik EFE (Eksternal Factor Evaluation).
Analisa tersebut dibantu dengan hasil penyebaran menyebarkan kuesioner pada
masyarakat selaku konsumen serta manajemen PT Pos Indonesia.
Dari hasil analisa tersebut, akan disusun Matriks SWOT, Matriks SPACE
dan Matriks IE untuk menghasilkan alternatif-alternatif strategi yang disesuaikan
dengan kondisi perusahaan saat ini. Alternatif strategi tersebut selanjutnya akan
diseleksi dengan menggunakan matriks QSPM untuk menentukan strategi tingkat
bisnis yang paling tepat bagi perusahaan yang dapat membantu perusahaan dalam
menentukan arah pengelolaan usaha layanan paketpos.
Faktor yang menjadi kekuatan utama PT Pos Indonesia ialah harga layanan
sedangkan kelemahan utama perusahaan ialah pelayanan yang diberikan petugas
pada konsumen. Sementara itu, peluang terbesar yang perlu diraih PT Pos Indonesia
ialah adanya perubahan teknologi sedangkan ancaman terbesar yang dihadapi ialah
persaingan harga yang kurang sehat. Penyusunan strategi tingkat bisnis
dimaksudkan untuk mengoptimalkan kekuatan yang ada serta meminimalkan
kelemahan untuk mengatasi ancaman dan meraih peluang yang ada dengan cara
melakukan peningkatan kualitas layanan paketpos untuk dapat memenuhi tujuan
perusahaan yaitu memenuhi kepuasan konsumen.
mengatasi
 File Digital: 1
Shelf
 S-Aga Kristila.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Metadata
No. Panggil : S49954
Nama orang :
Nama orang tambahan :
Nama badan tambahan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Program Studi :
Kode Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 114 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Catatan Bibliografi : pages 113-114
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49954 14-19-529892587 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247618