UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan sistem informasi electronic commerce pada pelayanan klinik sore Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo

Mohamad Ivan Faizal; M. Dachyar, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Dengan jumlah kunjungan pasien 246 per harinya pada Pelayanan Klinik Sore RSUD Pasar Rebo, implementasi electronic commerce merupakan salah satu solusi bagi rumah sakit dalam meningkatkan kualitas pelayanannya kepada pasien. Dengan kemudahan transaksi yang ditawarkan electronic commerce dimana transaksi dilakukan melalui medium internet, informasi dapat diakses dari manapun dan kapanpun. Hal ini merupakan strategi bagi rumah sakit untuk meningkatkan pangsa pasar dan mengurangi jumlah antrian pasien yang mendaftar di rurnah sakit. Salah satu pelayanan yang ditawarkan electronic commerce kepada pasiennya adalah sistem pendaftaran yang dapat dilakukan secara online. Implementasi system pendaftaran online dapat dilakukan apabila sistem informasi yang menunjang kegiatan pelayanan kepada pasien bersifat online. Perancangan system informasi electronic commerce yang dilakukan meliputiseluruh elemen yang terkait pada Pelayanan Klinik Sore sampai dengan pendaftaran yang dapat dilakukan online sehingga pengolahan data dan informasi yang ditampilkan sudah bersifat digital.
Metode yang digunakan dalam perancangan system informasi adalah dengan memetakan elemen yang terkait pada system dengan diagram hubungan entitas, merancang alur proses pelayanan dengan bantuan diagram alir, dan merancang alur proses data yang mengalir pada system dengan bantuan diagram alir data. Dengan rancangan sistem informasi yang baru, terdapat sistem pelayanan yang terintegrasi pada semua elemen Pelayanan Klinik Sore sehingga pengolahan data dan infonnasi yang ditampilkan sudah bersifat digital Dengan adanya rancangan sistem infonnasi yang baru ini diharapkan bukan hanya terjadi peningkatan pada kualitas pelayanan kepada pasien tetapi juga terdapat peningkatan efisiensi dan efektivitas kerja dari pekerja pada Pelayanan Klinik Sore.

With visit rate 246 patients per day in Afternoon Clinical Services of RSUD Pasar Rebo, implementation of electronic commerce become one of the solutions for the hospital to increase service quality to the patients. Electronic commerce offer the easier way to do the transaction more flexibel in internet, so the information can be accessed from everywhere and anywhere. This phenomena is strategic for the hospital to increase market share and to decrease the queue rate of the patients that registrate 1n hospital. Online registration is one of the services that offered by electronic commerce so the patients can registrate online through the internet. Implementation of online registration can be running well if the information system that support service activities has already online. The designing of information system for electronic commerceinclude all of the elements in Afternoon Clinical Services through the online registration from the internet so the data processing and the view of information already have digital characteristics.
The methods to design the information system is by mapping the entities in the system using entity relationship diagram, design the flow of service processes using flowchart, and design the flow of data processes that flow in the system using dataflow diagram. With the new information system design, the service system is integrated to all of the element of the Afternoon Clinical Services so the data processing and the view of information already have digital characteristics. Furthermore. with the new information system design not only the service quality to the patients increasing, work efficiency and effectiveness for the workers at Afternoon Clinical Services expected to increase too.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Mohamad Ivan Faizal.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S50060
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 103 hlm. ; ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50060 14-22-36379815 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247786
Cover