UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan prototipe sistem pemonitoran peti kemas pada perusahaan pelayaran domestik. (Studi kasus PT. X)

Ardiansyah; Akhmad Hidayatno, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Sistem pemonitoran kontainer bagi perusahaan pelayaran sangat penting karena dengan menggunakan sistem pemonitoran ini perusahaan dapat melakukan pengelolaan persediaan kontainer, dengan pengelolaan yang baik maka perusahaan dapat meningkatkan efisiensinya. Untuk menerapkan sistem pemonitoran peti kemas perlu diterapkan suatu sistem yang mencatat setiap transaksi pergerakan peti kemas.
Skripsi membahas tentang perancangan sistem pemonitoran peti kemas dimulai dari tahap menentukan user requirement dan identifikasi kebutuhan informasi untuk menghasilkan keputusan. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah dengan menggunakan pendekatan berorientasi proses untuk infomuasi yang dibutuhkan. Untuk melakukan perancangan sistem pemonitoran kontainer melalui tahapan perancangan aliran kerja dan perancangan struktur dan terakhir adalah perancangan tampilan dan fitur aplikasi.
Penelitian ini menghasilkan suatu sistem berbasis web yang dapat digunakan dimana saja dengan keamanan data yang tetap terjaga. Dalam perancangan sistem ini penulis memperhatikan aspek kesesuaian informasi yang dihasilkan, aspek pemilihan perancangan sistem pemrosesan transaksi dan memenuhi kriteria yang diinginkan pengguna.
Berdasarkan aspek-aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem ini dapat diterapkan dan membantu menghasilkan informasi lebih cepat dan akurat untuk mengambil keputusan.

The use of container monitoring system is significantly important, since this system gives the company an ability to manage the container availability which will lead to the efficiency. To accomplish that task, a system that is capable to records all container transaction needs to be developed.
This thesis discussed the development of container monitoring systems, starts from determining the user requirements and identification of infomation requirements to produce a decisions. The method used in this development is the required infomation process approach. For the development and designing process, the workflow design phase, the structure design phase and interface design as well as application fixtures were used.
The above methods p reduce a web based system which is applicable in various platforms and has a reliable security. In the project development, student is aware to the importance ofthe resulting information's consistency, the selection of the transaction processing system and satisfies the required criteria.
It is sufficient to conclude that the system developed is applicable and is able to produce fast and accurate infonnation in order to assist in decision making process.

 File Digital: 1

Shelf
 S50233-Ardiansyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S50233
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 94 hlm. ; ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50233 14-22-51773290 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247833
Cover