UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis risiko pembiayaan pada bank umum syariah dengan metode analytic hierarchy process

Sik Sumaedi; Yadrifil, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Bank umum Syariah memiliki model-model pembiayaan yang berbeda dengan bank konvensional. Model-model pembiayaan tersebut memiliki kategori-kategori risiko yang dapat membahayakan bank umum Syariah itu sendiri apabila kategori risiko tersebut tidak ditangani dengan baik. Penelitian ini mengidentifikasi kategori-kategori risiko yang ada pada model pembiayaan bank umum Syariah di Indonesia, mengidentifikasi bobot kategori risiko tersebut, serta mengidentifikasi model pembiayaan yang paling berisiko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytic Hierarchy Process (AHP).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kategori risiko yang ada pada bank umum Syariah adalah risiko kredit, risiko likuiditas, risiko operasional, risiko benchmark, dan risiko pasar. Risiko yang memiliki bobot tertinggi adalah risiko kredit yaitu sebesar 0.453. Kemudian, pembiayaan yang paling berisiko adalah nnidharabah dengan bobot risiko sebesar 0.448.

The Islamic bank has different financing models compared with the conventional bank. Those financing models have risk categories that can be endanger Islamic bank itself if those categories aren't handled well. This research is to identify many risk categories which are exist at Islamic bank's financing model in Indonesia and to identify the weight of those categories. Furthermore, this research will identify the riskiest financing model of Islamic Banking.
The result of this research shows the risk categories at Islamic bank's financing model in Indonesia are credit risk, liquidity risk, operational risk, benchmark risk, and market risk. The highest weight of those risk categories is credit risk and the riskiest financing model is muddharabah.

 File Digital: 1

Shelf
 S50070-Sik Sumaedi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S50070
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 118 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50070 14-20-731082631 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247903
Cover