UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan model kelayakan pemberian kredit pada Bank XYZ dengan pendekatan sistem dinamis berdasarkan analisis risiko kredit (Studi kasus: pemberian kredit PT ABC)

Surya Baruna Semenguk; Akhmad Hidayatno, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Evaluasi pemberian kredit pinjaman baru telah menjadi salah satu dilema utama yang harus dihadapi oleh manajer bank untuk mengurangi kemungkinan kegagalan pengembalian pinjaman. Masalah tersebut dikategorikan dalam risiko kredit yang merupakan risiko yang paling besar dan bisa mengakibatkan kebankrutan suatu bank sehingga diperlukan analisis risiko kredit yang mendalam dan menyeluruh terhadap seluruh aspek atau faktor yang ada. Analisis kelayakan pemberian kredit dapat dibagi dalam 2 faktor yaitu faktor kuantitatif dan faktor kualitatif. Analisis faktor kuantitatif dapat dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan serta rasio-rasio keuangan, sedangkan analisis kualitatif lebih bersifat subjektif berdasarkan pandangan penilai kredit. Penelitian ini akan menjelaskan detail pembuatan suatu alat pengambil keputusan yang dinamakan model kelayakan pemberian kredit dengan menggunakan dasar dan pendekatan dari metodologi sistem dinamis. Model ini merupakan simulasi komputer yang mengggunakan laporan keuangan dari perusahaan calon peminjam dan penilaian kualitatif dari penilai kredit dalam waktu yang bersamaan sebagai input model. Model ini menggunakan pendekatan yang sistematis untuk mengukur performa dari perusahaan calon peminjam serta dapat mengintegrasikan evaluasi dan penilaian risiko dengan berbagai macam kemungkinan skenario yang berbeda-beda. Model kelayakan pemberian kredit ini juga dapat digunakan untuk perusahaan yang berbeda-beda hanya dengan mengganti input model yang ada, sehingga diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu penilai kredit untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam mengevaluasi kelayakan pemberian kredit suatu perusahaan.

Evaluating new bank loans has been considered as one of the main dilemmas that banks managers have to deal with, in order to reduce the probability of default. Categorized as credit risk, a major risk in banking which could create a bankruptcy, needed a comprehensive and deep analysis to all aspect and factor of a credit worthiness decision. Analysis of credit worthiness of firm can be divided into two main factors, quantitative and qualitative factor. Quantitative factor analysis could be done by analyzing a financial report and financial ratio, while qualitative analysis is quite a subjective perspective and judgment of credit analyst. This paper describes the construction of decision making "flight simulator", called credit worthiness model, using the ideas of System Dynamics Methodology. It is a computer simulation which is use the financial report of a firm and qualitative judgment of credit analyst in a same time as input. The model thus constructed using systemic approaches to measure a firm's performance and provide a risk assessment in the sense of evaluating performance under different (what-if) scenarios. The credit worthiness model can then be evaluated to any different firm just by change its input. It is hoped that by the result of this research, this credit worthiness model could help credit analyst to create a better decision due to approve a firm lending.

 File Digital: 1

Shelf
 S50069-Surya Baruna Semenguk.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S50069
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 141 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50069 14-22-22004336 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247918
Cover