UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penyusunan strategi di PT DM dengan matriks IFE, matriks EFE dan matriks SWOT

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999)

 Abstrak

Krisis ekonomi yang berkepanjangan menyebabkan konsumen menjadi semakin selektif dalam memilih produk yang akan dibelinya. Hal tersebut membuat persaingan diantara perusahaan semakin meningkat. Tanpa adanya suatu manajemen strategi yang baik, mustahil rasanya suatu perusahaan akan dapat bertahan apalagi memperoleh keuntungan. Oleh karena itu menajemen strategi merupakan suatu faktor yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam bidang usahanya. Manajemen strategi meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian strategi untuk dapat mencapai tujuan perusahaan. Sebelum menyusun strategi, diperlukan adanya visi, misi dan tujuan yang jelas karena misi akan mengarahkan strategi yang akan dibentuk guna mencapai tujuan perusahaan sedangkan visi adalah gambaran ideal yang ingin dicapai perusahaan di masa yang akan datang. Pada skripsi ini penulis akan menyusus stratesi usaha, strategi perusahaan dan strategi fungsional yang diharapkan dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Sebelum menyusun strategi terlebih dahulu disusun visi, misi dan tujuan perusahaan karena PT DM belum memilikinya. Kemudian dilakukan analisa lingkungan yang meliputi lingkungan internal dan lingkungan eksternal (analisa SWOT). Dengan analisa lingkungan internal, dapat diketahui kekuatan dan kelemahan PT DM. analisa lingkungan eksternal sangat membantu penentuan peluang dan ancaman yang dihadapi PT DM saat ini. Setelah melakukan analisa SWOT, dibentuk matriks IFE (Internal Factor Evaluation dan matriks (EFE (External Factor Evaluation) yang menggambarkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki dan dihadapi PT DM dengan bobot kepentinganmasing-masing faktor dalam suatu industri serta peringkat PT DM untuk tiap-tiap faktor tersebut. Setelah itu, dibentuk matriks SWOT untuk mengurutkan prioritas untuk masing-masing faktor. Analisa SWOT juga dibantu dengan penyebaran kuesioner pada anggota dan non anggota PT DM. Kekuatan utama PT DM adalah kualitas produk sedangkan kelemahan utamanya adalah harga jugal produk yang tinggi dan kurangnya promosi serta iklan. Peluang terbesar PT DM adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan produk yang ditawarkan dan ancaman terbesar yang dihadapinya adalah banyaknya produk pengganti. Penyusunan strategi dimaksudkan untuk menggunakan kekuatan dan mengurangi kelemahan untuk mengatasi peluang dan ancaman yang dihadapi oleh PT DM.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S49886
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 109 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49886 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248061
Cover