UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perbaikan proses pada badan kemitraan ventura Universitas Indonesia dengan menggunakan pendekatan business process reengineering

Fitrah Hardiansyah; Erlinda Muslim, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Skripsi ini membahas perbaikan proses pada Badan Kemitraan Ventura Universitas Indonesia dengan menggunakan pendekatan Business Process Recngineering. Proses yang diperbaiki adalah Proses Penandatanganan SPK/Kontrak dan Proses Pencairan Dana Operasional Proyek. Hasd dari skripsi ini adalab adanya suatu rancangan proses baru yang lebih baik daripada proses yang sudah ada sekamng. Metode Pemetaan Proses Bisnis digunakan unruk mempelajari proses yang sud.ah ada dan melakukan perbaikan terhadap proses tersebut setelah data didapat meJalui dokumen~okumen yang ada dan wawancara dengan pemilik proses, Untuk memperoleh pemaharnan yang benar mengenai proses yang ada dilakukan anal isis kuantitatif (jumlah aktivitas dan waktu). Dalam mendesain ulang proses yang ada dilakukan dengan pendekatan disain ulang sistematis (menggunakan metode Eliminasi, Penyederhanaan, Penggabungan~ dan Otomatisasi Proses). Hasil perbandingan antara proses sekarang dengan proses usulan menunjukkan bahwa proses usu1an mampu memperbaiki proses sekarang dilihat dari sisi jurniah aktivitas yang ada dan waktu yang dibutuhkan Lmtuk menyelesaikan satu siklus proses. Peningkatan efisiensi aktivitas pada kedua proses mencapai 20o/o-24% dan peningkatan efisiensi waktu penyelesttlan mencapai 22%-33%.

This research is about process improvement at "Badan Kemitraan Ventura" University of Indonesia using business process reengineering approach. The processes to be improved are "Proses Penandatanganan SPK/Kontrak" and "Proses Pencairan Dana Operasional Proyek." The objective of this research is proposing new processes which are better than the current processes. The business process mapping method is used to learn the current processes and do the improvement of its after gathering information from docwnent comprehension and in-depth interview with process owner. To gain better understanding about the process, quantitative analysis (considering number of activity and time) is used. In redesigning new process, the systematic redesign approach (with Eliminate, Simplify, Integrate, Automate method) is conducted. The comparison between current process and proposed process showed that the proposed process can improve the current process according to the number of activities and the length of time needed for completing one cycle of process. The improvement made by proposed process reached 20-24% on the activities efficiencies and 22%- 33% on the time efficiencies.

 File Digital: 1

Shelf
 S50230-Fitrah Hardiansyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S50230
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 52 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50230 14-22-52876222 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248120
Cover