UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Menurunkan drop call rate jaringan radio frekuensi (RF) PT Telkomsel dengan metode Six Sigma

Denny Harirezanto; Isti Surjandari Prajitno, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Perkembangan teknologi Telekomunikasi seluler kian hari kan pesat Persaingan antar operator untuk memberikan layanan terbaik untuk pelanggan semakin keras. PT Telkomsel sabagai salah satu operator dengan jumlah pelanggan terbesar di Indonesia tentunya ingin mempertahankan pelanggannya dengan memberikan kualitas jaringan yang baik.
Salah satu masalah kualitas di teknologi seluler adalah terputusnya panggilan ketika sedang melakukan pembicaraan. Hal ini seling disebut dengan istilah "Drop Call". Masalah ini juga dialami oleh PT Telkomsel. Setelah mengambil data jaringan radio frekuensi area segitiga emas dan Airport, terlihat ada beberapa area yang nilai drop call nya belum mencapai target.
Six Sigma merupakan sebuah metodologi terstruktur mengurangi. Cacat pada proyek ini didefinisikan jika nilai drop call pada suatu area melebihi batas arnbang yaitu 0,94%. Oleh karena itu dengan menggunkan metode six sigma akan didapat langkah-langkah perbaikan untuk menurunkan nilai drop call. Solusi yang pontensial kemudian dieksekusi dan dianalisa responnya terhadap nilai drop call.

The develpoment of celular telecommunication technology now days going big. Competition between operator to deliver the best service for customer going hard. PT Telkomsel as one of the opertor with the biggest customer in Indonesia would like keep their customer by deliver good quality of network.
One of the problem quality is disconnect call during conversation which is know as "drop call". This problem was also occured by PT Tell-romsel After collecting radio Hequency network data at golden triangle and airport area shown there some area that After collecting data of Radio Frequency network at golden trianggel and airport area shown there some area that the drop call rate not achieving target.
Six Sigma are a structures methodology decreasing defect. Defect on this project define as area that have drop call rate above the threshold which is 0,94%. Because of that, by using six sigma methode will generate several step of improvement for decreasing drop call rate. After that Potential solution are executed and analysis the respon to drop call rate.

 File Digital: 1

Shelf
 S50225-Denny Harirezanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S50225
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 51 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50225 14-22-79348885 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248175
Cover