UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penentuan depot yang paling efektif untuk kawasan Indonesia Timur dengan menggunakan program integer pada Divisi Parts di PT United Tractors Tbk.

Ruzalwi; Amar Rachman, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

PT. United Tractors, Tbk merupakan distributor alat berat serta penyedia pelayanan puma jual baik berupa suku cadang maupun servis. Didalam memberikan pelayanan ketersediaan suku cadang, Divisi Parts menggunakan depot sebagai pusat pendistiibu sian untuk titik distribusi dibawahnya. Peningkatan pembangunan memberikan dampak kenaikan pada populasi alat berat dan suku cadang di area pertarnbangan, hutan, dan perkebunan seperti di daerah Kawasan Indonesia Timur. Saat ini Kawasan Indonesia Timur, yang terdiri dari Kepulauan Sulawesi dan Kepulauan Papua dilayani oleh 2 (dna) depot yang berbeda, yaitu Balikpapan dan Jakarta. Depot Balikpapan melayani Kepulauan Sulawesi, padahal untuk memenuhi kebutuhan di Pulau Kalimantan saja sudah sangat kesulitan dan depot Jakarta yang melayani kepulauan Papua mengalami kesulitan juga karena adanya peningkatan kebutuhan yang tinggi di area Jawa dan sekitamya. Kesulitan pemenuhan kebutuhan zersebut akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan di Sulawesi dan Papua. Oleh karena itu, perlu adanya tambahan l (satu) depot baru yang secara geograiis dan biaya adalah ekonomis. Untuk penentuan letak geograiis dan biaya yang ekonomis dilakukan perhitungan melalui program SPSS R.12 dan solver Ahcrosoji Excel, maka dari empat altematif yang telah ditentukan sebelumnya, yaitu Surabaya, Ujungpandang, Jayapura serta menambah gudang di Balikpapan didapatkan daerah Ujungpandang untulc menjadi depot. Karena Ujungpandang memiliki biaya paling minimal untuk memenuhi kebutuhan permintaan suku cadang dari 9 (sembilan) titik distribusi yang ada dibawahnya.

PT. United Tractors, Tblc is a distributor of heavy equipment and a provider of after sales service in spare parts and maintenance. For providing spare parts, Pans Division uses depot as the central distribution to the point lower level. The impact of the high development is the increasing population of heavy equipment and spare parts in mining, forestry, agro such as in East Indonesia Area. Today, East Indonesia Area such as Sulawesi and Papua are provided by 2 (two) different Depot. The depot are Balikpapan and Jakarta. Balikpapan depot is a provider for Sulawesi, in fact this depot has high difficulty to provide in Kalimantan area only and Jakarta depot is a provider for Papua also has high difticulty to handle the high demand in Java and around. 'I'he high development in Sulawesi and Papua will increase this difficulty condition. Therefore, it needs an additional new depot based on economic geographic and cost. The calculation for determining the economic geographic and cost uses program SPSS R.l2 and solver Microsoft Excel, for the 4 (four) alternatives that consist of; Surabaya, Ujungpandang, Jayapura and add new warehouse in Balikpapan determined that Ujungpandang is the new depot. Because, Ujungpandang has the most minimum cost to provide spare parts in 9 (nine) point lower level.

 File Digital: 1

Shelf
 S50434-Ruzalwi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S50434
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 55 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50434 14-22-82213611 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248178
Cover