UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Prosedur reliability centered maintenance pada Perusahaan Pelayaran (studi kasus PT X)

Krismianto Arainu; Sunaryo, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Sebuah kapal jika dioperasikan terus-menerus akan mengalami perubahan mutu baik berupa keausan atau mungkin yang lebih buruk lagi terjadi kerusakan. Untuk menjaga kondisi dan kinerja permesinan dan peralatan di kapal dalam keadaan baik walaupun permesinan dan peralatan di kapal itu sudah mengalami keausan atau kerusakan, maka perlu dilakukan suatu aktivitas penggantian peralatan atau perbaikan kerusakan, yang disebutjuga "pemeliharaan". Aktivitas pemeliharaan tidak hanya terpaku pada penggantian atau perbaikan namun juga menyangkut pemeriksaan dan pengujian.
Pemeliharaan kapal sangat penting karena merupakan bagian dari ketentuan internasional yang dikeluarkan IMO yang diatur dalam International Safety Managemant Code (ISM Code). Tujuannya untuk menjamin bahwa pemeliharaan kapal dan peralatannya yang dikelola perusahaan selalu memenuhi persyaratan keselamatan dan perlindungan lingkungan, peraturan yang terkait dan peraturan klasifikasi dengan membuat prosedurnya.
Dewasa ini telah berkembang beberapa strategi maintenance yang diyakini dapat membantu meningkatkan kualiatas dari sistem pemeliharaan yang sudah ada di perusahaan salah satunya ialah Reliability Centered Maintenance (RCM). RCM menjalankan prinsip manajemen resiko dari kegagalan perlengkapan sehingga kita dapat menentukan pemeliharaan yang tepat. Dengan pe meliharaan yang tepat kita dapat mencegah failure mode terjadi atau mendeteksinya sebelum terjadi serta menentukan kebutuhan spare part.

If a ship is operated continuously, it will cause a change of quality such as loss or probably damage. To maintain condition and performance of machine and equipment in vessel are in good term, although they were loss or damage, then it is necessary to do some activities like changing or repairing an equipment, which is called a maintenance. The activity of maintenance not only changing or repairing, but also including checking and testing.
Ship Maintenance is important because it is a part of international regulation of IMO that is given on International Safety Management (ISM Code). The purpose is to guarantee that maintaining ship and its equipment which is managed by company, always provide safety and environment protection, associated regulations, classification regulation, by making procedures of maintenance.
In recent years, there are some maintenance strategies that can surely help to increase the quality of existing maintenance system in company. One of them is Reliability Centered Maintenance (RCM). RCM applies a risk management from equipment failure so that we can determine appropriate maintenance. With the appropriate maintenance, we can prevent failure mode from occurring or to detect failure mode before failure occurs and we can also determine spare-holding requirements.

 File Digital: 1

Shelf
 S38073-Krismianto Arainu.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S38073
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 96 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S38073 14-22-61474602 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248205
Cover