UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Penanganan risiko (Risk Response) penyebab terjadinya kecelakaan kerja pada proyek EPC (Studi kasus pada PT. X) = Risk responce cause of accident at at EPC project (Case study : PT. X)

Agus Supriyanto; Yusuf Latief, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Keselamatan kerja (safety) merupakan salah satu kriteria dari kontraktor dalam mengukur kesuksesan proyek konstruksi. Keselamatan dan kesehatan kerja adalah sebuah bagian yang sama pentingnya dari perencanaan dan pengendalian proyek EPC yang efektif seperti biaya (cost), penjadwalan (schedule), pengadaan (procurement), dan kualitas (quality). Kecelakaan kerja muncul karena berbagai kejadian (tidak terduga) terjadi pada saat yang bersamaan. Akar penyebab terjadinya kecelakaan dapat dikelompokkan sebagai immediate cause dan contributing cause yang disebabkan oleh faktor manusia, bahan material, peralatan, cara kerja, lingkungan, dan manajemen.
Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan identifikasi dan evaluasi mengenai faktor risiko penyebab terjadinya kecelakaan kerja pada proyek EPC sehingga memungkinkan untuk mengalokasikan tindakan pencegahan dan tindakan koreksi dalam suatu cara yang lebih efisien dan efektif sehingga risiko terjadinya kecelakaan kerja dapat dicegah dan ditanggulangi. Metode analisa yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode Analytical Hierarchy process (AHP), yaitu suatu metode yang digunakan untuk mencari faktor - faktor risiko penyebab terjadinya kecelakaan kerja dengan memberikan peringkat/rangking dari hasil survey yang didapat. Studi kasus dilakukan pada PT. X.
Dari hasil penelitian dan analisa yang dilakukan didapat faktor risiko penyebab terjadinya kecelakaan kerja yang sering muncul pada PT. X adalah faktor manusia seperti tidak disiplin dalam menggunakan APD. Penanganan risiko yang disebabkan faktor manusia perlu dilakukan sosialisasi dan pengarahan melalui JSA, safety tool box meeting, safety training kepada pekerja mengenai budaya kerja yang aman dan budaya memperhatikan keselamatan kerja.

Safety is one of criterion from contractor in measuring successfulness of construction project. Health and safety are part that important as well as planning and control of effective project EPC such as cost, scheduling, procurement, and quality. Accident emerges because of various occurence (unexpected) happened at the same time. Root on cause of the accident can be grouped as immediate cause and contributing cause which caused by factors of human being, material substance, equipment, way of work, environment, and the management.
Therefore in this research is to identify and evaluate on risk factors that cause accident at EPC project so that enable to allocate preventive and corrective action in a way of effective and more efficient so that risk of accident can be prevented and overcome. Analysis method that is used for examining variable in this research is a Analytical Hierarchy process (AHP) method, that is used to find risk factors that cause accident by giving ranks from survey result.
Case study at PT. X From analysis and research result show the cause of accident at PT. X is human cause such as has no discipline of using personal protective equipment. Risk respone of human cause should be done an activities such as socialize using JSA, safety tool box meeting to all workers focus on how to make a safety condition at work.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S35745
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xviii, 134 hlm. : il. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S35745 14-17-685958340 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248326
Cover