Skripsi ini membahas respon komponen-komponen Jembatan Cable-Stayed asimetris akibat konfigurasi pembebanan lalu lintas asimetris. Perancangan jembatan umumnya, seperti pada peraturan pembebanan struktur jembatan, hanya mengatur beban lalu lintas simetris berupa muatan 'D' . Muatan 'D' menurut peraturan terdiri dari Beban Terbagi Rata (BTR) dan Beban Garis Terpusat (BGT). Pada kenyataannya beban lalu lintas yang ditanggung oleh jembatan bukan hanya beban simetris, namun juga beban asimetris. Penelitian ini menggunakan bantuan perangkat lunak komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi pembebanan asimetris memberikan respon yang lebih kecil dari variasi pembebanan simetris. Dan model jembatan pada penelitian ini tergolong aman karena memenuhi persyaratan yang ada.
This thesis discusses the components of the response of an asymmetric cablestayed bridge due to asymmetric traffic loading configuration. Bridge design loading is generally only regulate the traffic load is symmetrical form of the charge 'D'. Loads ""D"" consists of expenses according to regulations Divided Load (BTR) and a Central Line Load (BGT). In fact, the traffic load is borne by the bridge is not only a symmetrical load, but also the asymmetrical load. This study uses computer software assistance. The results showed that the variation of asymmetric loading provides a smaller response than symmetrical loading variations. And the bridge model in this study is safe because it meets the existing requirements.