UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Identifikasi faktor keberhasilan penerapan konstruksi berkelanjutan pada bangunan gedung berdasarkan greenship = Identification of success factors in the application of sustainable construction in high rise building based on greenship

I Nyoman Adi Tryandana; Mohammed Ali Berawi, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Konstruksi merupakan salah satu bagian dari proses pembangunan yang sangat penting. Kebutuhan akan infrastruktur semakin hari semakin meningkat, akan tetapi industri konstruksi ini sering kali menjadi penyebab utama pada masalah lingkungan. Seringkali industri konstruksi bertentangan dengan kelestarian alam dan ketersediaan sumber daya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu konsep pemikiran yang jauh lebih luas, yang tidak hanya memikirkan kebutuhan saat ini akan tetapi juga memperhitungkan kebutuhan yang terjadi pada generasi mendatang, konsep ini disebut dengan pembangunan berkelanjutan. Untuk itu dibutuhkan penilaian terhadap suatu bangunan untuk mengatakan seberapa besar bangunan tersebut telah sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan.
Sebagai hasilnya Konsil Bangunan Hijau Indonesia mengeluarkan Greenship sebagai sistem penilaiannya. Akan tetapi banyak proyek telah mengakui bahwa mereka telah menerapkan - green - hanya untuk kepentingan pemasaran tanpa mengerti arti dan penerapan sebenarnya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi apa saja sebenarnya faktor-faktor yang menjadi kunci kesuksesan atau keberhasilan dari penerapan konstruksi berkelanjutan pada proyek bangunan gedung bertingkat. Sehingga faktor-faktor ini dapat menjadi indikator bahwa penerapan konstruksi berkelanjutan sebenarnya telah dilakukan atau tidak pada masa konstruksi.

Construction is one part of the development process is very important. The need for infrastructure is increasingly improved, but the construction industry is often a major cause of environmental problems. Often the construction industry contrary to the conservation of nature and availability of resources. Therefore needed a concept that is much broader idea, which not only think about current needs but also take into account the needs that occur on the next generation, this concept is called sustainable development. That requires an assessment of a building to say how big the building is in conformity with the concept of sustainable development.
As a result Indonesia Green Building Council issued Greenship as a system of assessment. However, many projects have admitted that they have implemented "green" just for marketing purposes without actually understanding the meaning and application. Therefore, this study was conducted to identify what are the actual factors that are key success of the implementation of sustainable construction in high rise building construction project. Thus, these factors can be an indicator that the application of sustainable construction has actually done or not during construction phase.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S50618
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xviii, 152 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50618 14-22-33923848 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248611
Cover