UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Implementasi sistem informasi sitasi jurnal elektronik indonesia dari banyak sumber E-journal = Implementation of indonesia electronic journal citation information systems using multiple E-Journal sources

Subhan Mubarak; Riri Fitri Sari, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, maka publikasi atau penyebaran informasi yang semula melalui kertas (cetak/hardcopy) kini mulai berganti menjadi bentuk elektronik (soft-copy). Perubahan teknologi ini membuka peluang besar bagi penyebaran informasi ilmiah tersebut, terutama jika dapat diakses secara online. Fokus tugas akhir ini adalah perancangan dan implementasi dari aplikasi sistem informasi sitasi jurnal elektronik dari banyak sumber e-journal.
Sistem ini bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam mengelola pengumpulan serta pencarian artikel jurnal ilmiah. Sumber e-journal yang dipakai pada sistem ini dari 12 universitas yang ada di Indonesia. Aplikasi sistem informasi sitasi ini bekerja dengan menggunakan beberapa metode web. Metode web ekstraksi untuk mengutip data atau informasi dari suatu website, metode mashup untuk menggabungkan data dari dua atau lebih sumber data yang telah dikutip, dan metode indeks sitasi untuk menunjukan keterkaitan asal-usul atau sumber suatu kutipan yang tercantum didalam suatu karya tulis. Menggunakan program PHP untuk bahasa pemograman yang dipakai dan MySQL sebagai database.
Aplikasi sistem informasi sitasi ini telah di uji coba oleh pemakai. Hal-hal yang menjadi topik pengujian adalah pengujian pencarian (searching) kata kunci pada halaman utama, lama waktu proses ekstraksi memerlukan waktu tercepat 38 detik dan waktu terlama 6899 detik. Untuk memori database memerlukan kapasitas 10 Mb. Pada analisa pressicion di dapatkan data bahwa ketepatan suatu pencarian tidak dapat mencapai 100%, semakin banyak data jurnal yang di miliki dalam database, semakin tidak dapat mencapai ketepatan 100% (persen).

Along with the development of information and communication technology, the publication or dissemination of information, initially through the paper (printed/hard-copy) is now turning into an electronic form (soft-copy). Technological change opens great opportunities for the dissemination of scientific information, especially if it can be accessed online. The focus of this thesis is to design and implement application of systems journal citation information from many sources of electronic e-journal.
This system aims to facilitate a person to manage the collection and the search for scientific journal articles. E-journal sources used in this system of 12 universities in Indonesia. This citation information system works by using several methods on the web. Web extraction method for citing data or information from a website, mashup methods for combining data from two or more data sources that have been cited, and citation index method to show the linkage origin or source of a quote contained in a paper. Using PHP program that is used for programming language and MySQL as database.
The application of citation information system has been tested. The topic of testing is the search keywords on the main page. The fastest query extraction process takes 38 seconds and the longest takes 6899 seconds. The memory capacity required for the database is 10 Mbytes. The pressicion analysis in getting the data show that the accuracy of the search. The more data in journals database, they become less able to achieve 100% accuracy.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S51334
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 55 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51334 14-17-875201502 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249282
Cover