UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Karakterisasi paduan Cu - Zn - Sn dari CuZn (70/30) dan Sn dengan metode ARC melting furnace untuk aplikasi bahan dasar sel fotovultaik = Characterization of Cu-Zn-Sn alloy from CuZn (70/30) and Sn using arc melting furnace method for photovoltaic applications

Aryo Nurwadi; Aryo Nurwadi (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Semikonduktor yang digunakan sebagai lapisan penyerap pada sel fotovoltaik tersusun atas beberapa unsur yang membentuk suatu paduan, salah satunya adalah Cu2ZnSnS4. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik paduan Cu-Zn-Sn dengan melakukan peleburan antara kuningan (70/30) dan timah. Peleburan dilakukan dengan metode arc melting furnace.
Hasil dari pengamatan struktur mikro dan analisis EDX menunjukkan terbentuknya paduan Cu-Zn-Sn dengan kadar sekitar 50%Cu-25%Zn-25%Sn. Hasil analisis XRD menunjukkan terbentuknya paduan Cu2ZnSn. Dari hasil uji kekerasan didapat bahwa semakin tinggi kandungan Cu di dalam paduan maka nilai kekerasan akan semakin meningkat.

Semiconductor that use for absorber layer in photovoltaic cell contain many elements to form some alloy, one of them is Cu2ZnSnS4. The aim of this reserch is to characterization of Cu-Zn-Sn alloy with remelting between brass (70/30) and tin. Remelting process is done by arc melting furnace.
Microsrtucture observe and EDX analysis results a Cu-Zn-Sn alloy with approximately containing 50%Cu-25%Zn-25%Sn. XRD analysis show that this process form a Cu2ZnSn alloy. From hardness testing, alloy with higher Cu contents have higher hardness.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S51513
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 38 hlm. ; ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51513 14-22-67069198 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249372
Cover