UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Studi pengaruh carbon equivalent terhadap struktur mikro dan sifat mekanis pada TWDI ( Thin Wall Ductile Iron) = Effect of CE (carbon eqivalent) to microstructure and mechanical properties of thin wall ductile iron

Didi Darul Fadli; Johny Wahyuadi Soedarsono, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Penggunaan Austempered Ductile Iron (ADI) sebagai material alternatif di dunia, khususnya pada bidang otomotif semakin tinggi. Seperti telah diketahui, bahan dasar dalam pembuatan Austempered Ductile Iron (ADI) itu sendiri berasal dari besi tuang nodular yang selanjutnya di lakukan proses austempering. Pengembangan TWDI yang nantinya juga akan menjadikan ADI dan TWADI yang dapat dikategorikan menjadi material yang berberat jenis ringan (light weight material). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh CE (Carbon Equivalent) terhadap struktur mikro dan sifat mekanis TWDI. Sedangkan pada pengecoran dinding tipis itu sendiri rentan akan terbentuknya karbida karena kecepatan pembekuan yang tinggi. Untuk mendapatkan nilai CE yang beragam maka diambil data dari tiga penuangan yang berbeda. Nilai CE bervariasi mulai dari 4,17 - 4,67. Pengamatan struktur mikro menunjukan jumlah nodul rata-rata pada ketiga sampel adalah 399 - 1038/mm2, dimana nilai tersebut tidak dipengaruhi secara langsung dengan meningkatnya nilai CE. Hasil akhir dari penelitian ini adalah nilai CE yang berpengaruh terhadap sifat mekanis yang merupakan hasil dari perkembangan mikrosturkturnya.

The application of Austempered Ductile Iron (ADI) as an alternative material in the word especially in otomotive area is tended to increase. As know, Austempered Ductile Iron (ADI) is developed from ferro casting ductile (FCD). The development of TWDI will also put ADI with its TWADI falls to ligth weight material categories. The purpose of this research is to study the influence of carbon equivalent (CE) on microstructure and mechanical properties of thin wall ductile iron casting (TWDI). CE is associated with carbide forming. To gain a various CE values 3 pouring are used. The CE variated from 4.17 to 4.67. The observation of microstructure is showing average of nodule count from all sample is 399 ' 1038/mm2, where the value is not directly influenced with increased of CE. The result of this research is CE has influence in mechanical properties as the result of microstucture development.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S51095
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 69 hlm. ; ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51095 14-22-08692867 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249395
Cover