Dewasa ini, perusahaan atau organisasi mulai memperhatikan dan mengubah cara pandang mereka mengenai perancangan kantor. Jika kantor dulu merupakan menekan komunikasi, kantor masa kini justru mendukung komunikasi serta kerja sama antar pekerja. Dengan semakin berkembangnya ilmu perancangan ruang, tentunya alternatif perancangan layout kantor sebagai salah satu bentuk solusi rancangan semakin beragam serta menawarkan keunggulan yang juga beragam. Bagaimanakah layout kantor dapat menjawab kebutuhan akan kerja sama kantor - Tentunya tingkat kebutuhan akan kerja sama dalam setiap kantor dipengaruhi oleh karakteristik organisasi kantornya. Layout kantor dapat meningkatkan kerja sama antar pekerja dengan cara mempertemukan, mendekatkan, serta mengisolasi pekerja yang perlu bekerja sama.
Nowadays, many companies or organizations begins to notice and change their view of the way of designing the office. In the past, office was blocking communication, but now, it's enhancing the communication. Development of knowledge makes more varying of alternative office layout design and gives more advantages. How office layout can solve the need of cooperation of their workers in their organization' The need of cooperation of workers in an organization is affected by the characteristic of the organization. Office layout can enhancing cooperation by causing workers that have to cooperate to meet, making them closer, and isolating them in one place.