UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Kaitan mitologi dengan arsitektur pada kegiatan berhuni dan ritual di rumah studi kasus :rumah tradisional di dusun Mangir Bantul ,Yogyakarta = Linkage myth with architecture on ritual and everyday life activity in house. A case study of traditional houses in Mangir, Bantul, Yogyakarta

Amin Nurjanah; Gunawan Tjahjono, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Skripsi ini membahas kaitan mitologi dengan arsitektur pada kegiatan berhuni dan ritual di rumah, pada rumah tradisional di dusun mangir bantul yogyakarta. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menggali pengaruh mitos terhadap kehidupan masyarakat, terutama bentuk dan fungsi ruang di dalam rumah, baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam kegiatan ritual. Partisipan dalam skripsi adalah warga dusun Mangir dengan sample 7 (tujuh) buah rumah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara mitos dan arsitektur, baik dalam kegiatan berhuni ataupun dalam kegiatan ritual. Penelitian ini merekomendasikan kepada penelitian selanjutnya untuk mengkaji upaya pelestarian Omah Mangir, sebagai suatu wujud pelestarian budaya.

This thesis discusses the architecture in relation to mythology and ritual activities in the house, in traditional houses in the village of Mangir, Bantul Yogyakarta. This qualitative research aims to explore the influence of myth on people's lives, especially of form and function rooms in the house, both in everyday life or in ritual activity. Participants in this thesis is Mangir villagers, Bantul, Yogyakarta, with a sample of seven houses.
The results show that there are a relationship between myth and architecture, both in everyday life or ritual activities.The recommends for next research is to assess the conservation Omah Mangir, as an act of cultural preservation.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S51557
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 66 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51557 14-22-27615521 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249567
Cover