UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Kaitan pola NEIGHBOURHOOD pada interaksi sosial penghuni

Hernindyasti Dwitya Hapsari; Sihombing, Antony, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Skripsi ini membahas bagaimana tipe permukiman yang berbeda dengan pola yang berbeda berpengaruh pada interaksi sosial penghuni. Interaksi sosial dalam sebuah permukiman bergantung pada sarana sosial yang ada di dalamnya seperti sekolah dasar, tempat berbelanja, taman dan area bermain serta akses bagi pejalan kaki. Seringkali di dalam sebuah permukiman bahkan dalam skala neighbourhood (rukun warga) banyak para penghuni yang tidak saling mengenal penghuni lainnya. Padahal seharusnya skala neighbourhood adalah skala yang menunjukkan kedekatan emosional dalam suatu area. Dalam istilah Indonesia, kita lebih mengenal dengan kata bertetangga.
Metode analisis yang dilakukan adalah dengan menelusuri interaksi sosial di dalam sebuah neighbourhood. Bagaimana ruang interaksi sosial terjadi di dalam sebuah neighbourhood. Studi kasus mencoba membedah tiga sampel neighbourhood yang memiliki pola berbeda satu sama lain. Studi kasus tersebut antara lain adalah neighbourhood pada konteks permukiman kampung, gated medium dan gated large. Ketiga studi kasus memiliki pola permukiman yang berbeda. Pada akhirnya akan terjawab bahwa pola neighbourhood pada sebuah permukiman memiliki kaitan dalam aktivitas interaksi sosial penghuni.

This writing will reveal how the type of residences affect to inhabitant's social interaction. Social interaction in one residence depends on social element like elementary school, daily needs shop, small park and playground for kids, also access for pedestrian. It often happens in a residence which among inhabitants didn't know each other and it happens too to a smaller scale residence: neighbourhood. Neighbourhood should contain not only physical closeness but also emotional closeness.
The method of the analyses is learning about social interaction happens in a neighbourhood. Case studies will try to analyse three samples of neighbourhood which has pattern differences. The case studies are in kampung context, gated medium context and gated large context. Each of case studies has their own pattern which different among another. In the end, the answer is the pattern of neighbourhood affect social interaction among inhabitants.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S52234
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 70 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52234 14-20-241221107 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249604
Cover