Skripsi ini membahas mengenai perumusan strategi bersaing pada PT. Kalbe Nutritionals yang sedang menghadapi kompetisi yang kuat dari perusahaan asing. Perumusan strategi ini dilakukan melalui pendekatan manajemen strategi industri yang menggunakan tiga buah alat bantu utama, antara lain matriks TOWS, matriks IE (Internal Eksternal), dan grand strategy matrix. Kemudian, perumusan strategi dari ketiga alat bantu tersebut dibandingkan dan dievaluasi dengan menggunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Dalam pembobotannya digunakan metode AHP. Hasil penelitian menyarankan bahwa PT. Kalbe Nutritionals perlu melakukan strategi pengembangan produk untuk dapat bersaing dengan kompetitor.
The focus of this study is about formulating strategy on PT. Kalbe Nutritionals, that face a high competition which comes from foreign company. The strategy formulation is based on industrial strategic management concept, by using three main tools which are SWOT matrix, IE (Internal External) Matrix, and Grand Strategy Matrix. This tools will be used as comparison on each other when formulating strategy. Then, it will be evaluated again with QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). It also involves AHP method for weighting each factor. Eventually, the result of this study is PT. Kalbe Nutritionals should conduct product development in order to compete with other players.