Bis Kampus Universitas Indonesia merupakan sarana transportasi intrakampus yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa agar mudah menjangkau kampusnya. Mendapatkan transportasi massa yang nyaman dan cepat menjadi kebutuhan mahasiswa kampus ini. Selama ini pelayanan bis kampus UI tidak diatur pelaksanaannya dan tidak dilakukan dengan optimal. Kurang optimalnya pelayanan bis kampus ini ditandai dengan tidak teraturnya waktu kedatangan bis ke setiap halte yang berakibat pada ketidakpuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan bis kampus. Ketidakteraturan sistem dapat diatasi dengan melihat urutan proses yang berada pada sistem pelayanan tersebut menggunakan Value Stream Mapping (VSM). Penelitian ini menggunakan analisis VSM untuk melihat bagaimana proses layanan Bis Kampus UI berjalan dan memberikan usulan perbaikan serta efisiensi yang mungkin dilakukan.
University of Indonesia campus bus transportation is on-campus which aims to provide services to students in order to easily reach their campus. Getting comfortable and fast mass transportation is the need of them. In the implementation, UI campus buses not run regularly and then make dissatisfaction. Thus irregularity can solve be solved if the sequence of process mapped. Value Stream Mapping (VSM) shows the sequence with information of the activity. This study uses Value Stream Mapping analysis to see how the campus bus services managed, give a standard time of process, reduce waste and improve the quality of timetable.