UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis postur duduk Mahasiswa Pakultas Teknik Universitas Indonesia dan perancangan kursi kuliah yang ergonomis dal virtual enviroment = The analysis of Engineering Faculty University of Indonesia student?s sitting posture and design of an ergonomic college chair in virtual environment

Arya Abbyasa; Boy Nurtjahyo Moch., supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Selama jam perkuliahan, mahasiswa melakukan pekerjaan yang bersifat statis dan repetitif, seperti menulis, dengan posisi duduk yang statis pada kursi yang berukuran tidak sesuai dengan ukuran tubuh mahasiswa FTUI, yang beresiko menyebabkan terjadinya gejala WMSD. Penelitian ini mencoba untuk mempelajari postur duduk yang ditimbulkan oleh desain kursi kuliah yang ada di lingkungan FTUI, dalam lingkungan virtual dengan menggunakan software simulasi ergonomi, Jack 6.1.
Penyesuaian dilakukan pada kemiringan meja tulis dan sandaran punggung untuk mendapatkan konfigurasi kursi yang ideal bagi mahasiswa. Postur duduk yang terbentuk dari seluruh konfigurasi yang diujikan dinilai dengan menggunakan metode Posture Evaluation Index (PEI). Hasil penelitian berupa usulan kursi yang ergonomis bagi mahasiswa FTUI.

During an hour lecture, students do work that is static and repetitive, such as writing, with a static sitting position on the chair that size does not fit the FTUI student's body and giving a risk of WMSD. This study attempts to analyze the sitting posture caused by a FTUI chair design in the virtual environment, using an ergonomics software simulation, Jack 6.1.
Adjustments have been made on the back slope of a desk and chair backrests to obtain the ideal configuration for the students. Sitting posture which is formed from all the tested configurations assessed using the method of Posture Evaluation Index (PEI). The purpose from this study is to design an ergonomic chair models for students at the University of Indonesia.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S52073
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 128 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52073 14-22-64116681 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250030
Cover