UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Aplikasi ergonomi untuk mengurangi human error di pabrik semen dengan metode human reliability analysis = Application of ergonomics to reduce human error in cement plant using human reliability analysis (HRA)

Novianti; Arian Dhini, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Human Error yang terjadi di area produksi semen dengan tingkat resiko tinggi. mengakibatkan kerugian berupa kecelakaan kerja dan kerusakan properti. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya human error petugas patroller area kiln dengan metode Human Reliability Analysis(HRA). HRA dilakukan dengan cara mengidentifikasi dan menilai kemungkinan kejadian error, serta menemukan faktor-faktor yang berkontribusi,seperti beban kerja serta interaksi manusia dengan peralatan. Oleh karena itu diperlukan juga pengukuran beban kerja fisik dan mental serta evaluasi ergonomi peralatan yang digunakan. Hasil integrasi dari ketiga metode tersebut menghasilkan solusi berupa sistem check list dan labeling,penentuan waktu istirahat di antara pekerjaan patroli,serta perubahan desain peralatan.

Human Error which is happened in cement production area with high risk has caused loss such as work accident and property damage.This research aims to reduce the probability of human error for patroller cement plant by identifying errors, assessing the probability of the errors, and finding factors which contribure to the errors, such workload and human machine interaction. Therefore, in reducing human error, it is necessary to do workload assessment and ergonomics evaluation of tools and machine using. The integration among those three methods created solution such as check list and labelling system,rest time consideration, and tools design change.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S51868
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 230 hlm.; ill.; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51868 14-22-43083590 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250094
Cover