UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pengukuran dan analisa waktu produktif dan tidak produktif group leader produksi dengan metode work sampling pada perusahaan kontraktor pertambangan

Endang Kusnandar; Isti Surjandari Prajitno, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Pada saat sekarang ini, tingkat kompetisi antara kontraktor pertambangan dalam memberikan jasa penambangan cukup tinggi. Dalam kondisi tersebut maka fungsi pengawasan seorang Group Leader atau Supervisor memegang peranan penting dalam tercapainya target produksi yang ditetapkan oleh manajemen, dimana operator alat berat sebagai pelaku langsung kegiatan produksi akan memberikan produktifitas sesuai target yang direncanakan jika fungsi pengawasan seorang group leader dapat berjalan dengan baik dan efektif sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur dan menganalisa waktu kerja dari group leader produksi baik waktu kerja yang produktif maupun waktu kerja yang tidak produktif.
Metode yang digunakan dalam pengukuran ini adalah dengan metode work sampling yang merupakan salah satu alat dalam melakukan work measurement atau pengukuran kerja. Pelaksanaan work sampling dilakukan secara direct random observation atau pengamatan acak secara langsung pada group leader produksi.
Hasil dari pengukuran waktu kerja produktif dan waktu kerja tidak produktif dari group leader produksi adalah dalam bentuk persentase pemamfaatan waktu kerja dan kemudian dikonversikan dalam satuan jam. Dengan diketahuinya pemamfaatan waktu kerja tersebut maka dapat membantu manajemen dalam menilai produktifitas atau kinerja dari group leader produksi, sehingga penilaian kerja mereka menjadi lebih obyektif.

At this present moment, level of competition between mining contractors in giving mining service of enough heights. In the condition hence function of observation a Group Leader or Supervisor plays a part is important in reaching of target of production specified by management, where heavy equipment operator as activity direct perpetrator produced will give productivity according to target planned if function of observation a group leader can run carefully and effective as according to its the duty and responsibility. This research done to measure and analyses in working from production group leader either productive in working and also in working that is is productive not.
Method applied in this measurement is with method work sampling which is one of equipment in doing work measurement . Exercise of work sampling is done in direct random observation or random observation directly at production group leader.
Result from measurement of productive in working and in working is not productive from production group leader produced was in the form of percentage utilization in working and then converted in set of hour. With knows of utilization the in working hence can assist management in assessing productivity or performance from group leader production, so that appraisal of job activity they become more objective.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S52090
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 89 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52090 14-22-54603032 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250122
Cover