UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis risiko pada perencanaan tenaga kerja di bidang jasa konstruksi pameran = Risk analysis on workforce planning at exhibition construction service company

Dicky Martono; Betrianis, supervisor; Arian Dhini, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Sumber daya manusia merupakan sebuah aset yang sangat berharga yang harus dikelola dengan baik. Pengetahuan mengenai jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan menjadi bagian dari efisiensi sumber daya manusia. Dengan adanya perencanaan SDM dapat membantu menjamin penyampaian kualitas dan pelayanan, serta dapat mengurangi biaya yang berhubungan dengan penempatan jabatan dan pergantian karyawan. Hal-hal negatif dapat dan memang terjadi dalam suatu proses, begitu pula dalam proses perencanaan tenaga kerja. Analisis risiko perlu dilakukan untuk mengidentifikasikan, mengukur, dan kemudian menyusun strategi sebagai dasar untuk membangun sistem manajemen risiko yang utuh.
Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa konstruksi pameran, karena perencanaan tenaga kerja di perusahaan tersebut dianggap penting mengingat banyaknya posisi dan deskripsi kerja yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun tingkatan risiko pada perencanaan tenaga kerja serta melakukan analisis alokasi biaya untuk pengurangan risikorisiko tersebut dengan metode simulasi Monte Carlo. Hasil yang ingin didapatkan dari simulasi tersebut adalah optimasi alokasi biaya yang ada dengan beberapa asumsi dana yang tersedia untuk mengelola risiko.

Human resource is a real valuable asset of which must be managed carefully. Knowledge about labor amounts is required to become part of human resource efficiency. With existence of workforce can assist guarantees forwarding of quality and service, and can lessen cost relating to job allocation and employee's turnover. Unexpected things can be happened in a process, including workforce process. Risk analysis is conducted to identify, measure, and compile strategies as a base for building complete risk management system.
This research conducted at exhibition construction service company, because workforce planning in the company is related to many job position and description. The goal of this research is for compiling risk level at workforce and conducting cost allocation analysis for risk reduction using Monte Carlo simulation method. The expected result of simulation is optimization of cost allocation for managing risk.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S52010
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvii, 102 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52010 14-17-642470840 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250129
Cover