UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Penyusunan strategic plan di PT. SPM. dengan metode balanced scorecard = Formulating strategic plan with balanced scorecard method. (Case study in PT. SPM)

Uu Humaedi; Amar Rachman, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia;, 2008)

 Abstrak

Keunggulan daya saing suatu entitas usaha sangat bergantung pada kemampuannya untuk memobilisasi dan mengeksploitasi sumberdaya atau asset baik yang berwujud (tangible assets) maupun yang tidak berwujud (intangible assets). Dalam era revolusi informasi seperti sekarang ini, dunia usaha menghadapi perubahan lingkungan dengan karakteristik yang jauh berbeda dari era sebelumnya.
Penilaian kinerja yang terbatas pada tolok ukur keuangan saja menjadi kurang memadai untuk memobilisasi dan mengeksploitasi sumber daya yang sebagian besar merupakan aset tak berwujud. Dengan demikian untuk meningkatkan kinerja dan daya saing dalam proses perumusan dan implementasi strategi diperlukan sistem yang meliputi berbagai aspek baik keuangan, pelanggan, proses bisnis, maupun yang lainnya. Konsep yang relefan yang mampu mengintegrasikan aset yang berwujud dengan yang tidak berwujud secara konprehensif adalah dengan metode Balanced Scorecard.
Untuk membantu manajemen dalam proses implementasi, dalam proses evolusinya Balanced Scorecard telah mengkristal menjadi Strategy Focused Organization, suatu organisasi yang meletakkan strategi sebagai fokus dari semua aktivitas manajemen dengan memanfaatkan Balanced Scorecard sebagai barometer sistemik. Dengan meletakkan strategi sebagai pusat proses manajemen dan dengan bantuan Balanced Scorecard sebagai dashboard, semua sumberdaya diharapkan dapat dimobilisasi dan dieksploitasi secara serasi dan selaras dalam proses implementasi strategi.

Competitive adventage is an bussiness entity which is depend on its ability in order to mobilize and exploitate all resources and assets both tangible assets or intangible assets. Nowadays, in information revolution era, business environment is facing uncontrollable environment and extremely has different characteristic with previous era.
Performance measurement which focused on only financial indicator is unsufficient to mobilize and exploited resources which is especially intangible assets. Thus, in order to improve or increase performance and competitive advantage in processing formulation and implementation strategy, we need a system which cover all aspects such as financial, costumer satisfaction, internal business process and others. The relevant concept which integrate all assets (tangible assets and intangible assets) comprehensively, we can use tools of Balanced Scorecard.
In order to help menagements in implmentation process of their strategic bussiness, they can use Balanced Scorecard as a strategy focus organization which means organization set strategy as a focus and priority of management activities by using Balanced Scorecard as a systemic barometer. By setting up strategy as centre of management process can use Balanced Scorecard as dashboard for management, thereafter all resources could be mobilized an exploitated and comply with stratgic bussiness implementation process.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S51914
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia;, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xviii, 90 hlm., ill., 30 cm. + lamp.,
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51914 14-22-58475954 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250142
Cover