UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Rancangan dan evaluasi penerapan sistem ERP pada industri jasa telekomunikasi dan teknologi informasi = Design and evaluation ERP system at telecommunication service and information technology company

Pasaribu, Wadyo P.; Sri Bintang Pamungkas, 1945-, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Persaingan yang semakin meningkat membuat kalangan dunia usaha terus meningkatkan daya saingnya, dengan cara perbaikan struktur organisasi dan manajemen, sumber daya manusia, piranti lunak dan piranti keras dan juga aplikasi di bidang Teknologi Informasi (TI) dan Implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP), dengan Implementasi ERP mampu menciptakan suatu integrasi antar departemen yang ada dalam perusahaan, sistem-salingpengawasan, kendali terhadap aset, aliran proses bisnis yang singkat dan hal-hal lain, yang pada akhirnya memberikan segala dampak yang menguntungkan bagi perusahaan. Proyek ERP penuh dengan risiko karena merupakan proyek implementasi yang besar, kompleks, kurang dikenal dan membutuhkan jadwal implementasi yang ketat. Untuk itu perlu model implementasi yang mendukung proses bisnis. Masalah dalam proyek ini adalah kecepatan memetakan antara model dan teknik implementasi yang sebenarnya. Proyek Akhir ini fokus pada rancangan dan evaluasi implementasi sistem ERP dengan software SAP Business Solution menggunakan ASAP Methodology yang dimulai dari alasan pemilihan software ERP, perbandingan beberapa metodologi implementasi ERP yang populer saat ini, pengorganisasian, tahap implementasi step by step, dan evaluasi output yang didapat pada kondisi sebelum dan sesudah implementasi ERP. Pada akhir tulisan penulis menyarankan pentingnya mengelola perubahan budaya organisasi disisi manusia / karyawan yang terjadi dalam proyek implementasi.

In the Recent time, business environment become much more competitive. Dealing with such situation, many companies improve their competitive advantage through implementation, ERP create an integration system in company such supervision for eachother departement, asset tracking management, simple business process and many more. Enterprise Resource Planning (ERP) project is consider highly risky, since it is large, complex, and usually unfamiliar to the organization and implemented under a tight timetable. To obtain a fair level of understanding of the system, it is then necessary to model to supported business process. However, the problem is the accuracy of the mapping between the model and the actual technical implementation. This final project is focus on design and evalution ERP system that use SAP Business application and SAP Methodology. Design begin from how for choosing software, comparison of three methodes that known as the best for implementation ERP at one company nowadays. In the end of this thesis writer tells abouth change management that could a fundamental point for each IT Implementation.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S51859
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 102 hlm. : ilus. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51859 14-19-156799340 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250186
Cover