Pengukuran kinerja dalam suatu organisasi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan dan berguna dalam proses perbaikan berkelanjutan. Pengukuran kinerja memerlukan indikator kinerja yang spesifik, terukur, dapat dicapai, logis dan memiliki jangka waktu. Indikator kinerja memerlukan peta strategi sebagai panduan organisasi dalam mencapai tujuannya.
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan indikator kinerja dengan menggunakan metode Balance Scorecard. Metode Balance Scorecard didasarkan pada 4 perspektif yang bersifat finansial dan non finansial dan memiliki hubungan sebab akibat.
Tujuan penelitian ini adalah dibentuknya peta strategi berdasarkan sasaran strategis dan indikator kinerja kunci (KPI) dari objek penelitian. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang industri otomotif. Ruang lingkup objek penelitian dibatasi pada tingkat seksi component export planning sebagai penanggung jawab aktivitas export.
Dari hasil penelitian ini didapatkan peta strategi yang terdiri atas 12 sasaran strategis dan 14 indikator kinerja kunci. Diharapkan dengan peta strategi, sasaran strategis dan indikator kinerja kunci yang dihasilkan dapat menjadi pertimbangan bagi objek penelitian dalam pengembangan indikator kinerja.
Performance measurement in organization is very important to do and very usefull for continous improvement process. Performance measurement need performance indicator which specific, measureble, achievable, reasonable and time-bound. Performance indicator needs a strategy map as a guidance to achieve organization goal. In this research performance indicator is developed using Balance Scorecard method. Balance Scorecard method is based on 4 perspectives, which uses financial and nonfinancial characteristic and cause effect relationship. The Purpose of this research is to create a strategy map based on strategic objectives and key performance indicator (KPI) for Object Research. This object of this research is a manufacturing company in the automotive industry. The scope of this research is on level of section component export planning who in charge in export activities. From the result of research, a strategy map which consists of 12 strategic objectives and 14 key performance indicator are obtained. Hopefully with this strategic map, strategic objectives and key performance indicator resulted can be made as a consideration for research on development performance indicator.