UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Implementasi lean manufacturing pada proses assembly YC - 413 9WE) CMPLT = Implementation of lean manufacturing in process assembly YC- 413(WE) CMPLT

Sembiring, Christine Vita Sari; Teuku Yuri M. Zagloel, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Line Architecture Design Methodology merupakan salah satu tools dari lean manufacturing untuk mengoptimalkan proses produksi agar mencapai target yang ditentukan. Pencapain target dapat dilakukan dengan banyak cara, beberapa cara yaitu mengurangi waste yang dilakukan oleh operator dalam produksi. Pengurangan waste tersebut dilakukan dengan penyedian jig, ketepatan waktu dalam 5S, working Instruction, dan material handling yang sesuai dengan frekuensi jalan feeder. Karya tulis ini mebahas latar belakang lean manufacturing terutama yang berkaitan dengan proses assembly YC-413(WE)CMPLT dengan mengidentifikasi waste yang terdapat pada proses tersebut dan melakukan analisis untuk menguranginya serta menghitung penghematan waktu yang didapat.

Line Architecture Design Methodology is one of the tools of Lean Manufactuirng to optimize production process in order to achieve the target. Achievement of the taget can be done in many ways, some ways with reducing waste by operators in production area. Waste reduction done by provider jig, timeliness in 5S, working instruction, and material handling in accordance with the frequency of feeder. This paper discusses the background of lean manufacturing, especially relating to the assembly process of YC-413 (WE) CMPLT by identifying waste which exist there and to find ways to reduce them and to calculate the time savings.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S51693
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 55 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51693 14-19-504158382 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250244
Cover