UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Kerugian jatuh tekanan (presssure drop) aliran Al2O3 dan TiO2 pada pipa bulat (D = 3mm) = Pressure drop of Al2O3 and TiO2 in circular pipe (D = 3 mm)

Firdi Trijuliyono; Yanuar, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Aplikasi praktis dari solusi nanopartikel telah dibatasi karena memiliki dampak yang buruk pada degradasi mekanik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji karakteristik aliran nanofluida. Hasil percobaan berupa kurva aliran dari nanofluida pada sebuah pipa kapiler yang mempunyai variabel tekanan. Yang diameter pipa tersebut adalah sebesar 3 mm. Tegangan geser dan regangan geser dihitung dengan mengukur pressure drop dan laju aliran volumetrik. Pengukuran pressure drop dilakukan untuk Al2O3 dan TiO2 (konsentrasi 1%, 3% dan 5%) dengan menggunakan pressure tranducer. Power Law Index berada pada kisaran harga 0,95 ~ 1,0. Koefisien gesekan nanofluida yang telah didapat, dibandingkan dengan data dari air murni yang digambarkan dengan persamaan Blasius.

The practical application of the nanoparticle of solutions has been limited because it has an adverse effect on mechanical degradation. The aim of this study is to examine characteristics of flow properties of nanofluid. Experiments are carried out the measurement of the flow curve of the nanofluid by a capillary pipe applying variable pressure driven flow. It is 3 mm in the diameter of the capillary. The shear stress and the shear strain are calculated by measuring the pressure drop and the volumetric flow rate, respectively. Measurements of pressure drop are carried out for Al2O3 and TiO2 at 1%, 3%, 5% particle volume with pure water by a pressure transducer. The power law exponent are about 0.95 ! 1.0. The friction coefficient of nanofluid in a capillary pipe are fit with pure water data as Blasius's equation.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S52300
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 72 hlm. : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52300 14-22-05807286 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250395
Cover