UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kinerja arsiparis unit layanan arsip di Arsip Nasionsl Republik Indonesia

Diah Ismiatun; Laksmi, supervisor; Mona Lohanda, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja arsiparis di unit layanan dalam memberikan layanan kepada pengguna. Hal ini didorong oleh munculnya ketidakpuasan pengguna terhadap kinerja layanan arsiparis yang dianggap lamban dan kurang responsif terhadap kebutuhan pengguna. Untuk itu penulis melakukan kajian terhadap keberadaan arsiparis guna menemukan penyebab lamban atau kurang responsifnya arsiparis terhadap kebutuhan pengguna. Pendekatan penelitian yang dipergunakan adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah arsiparis di unit layanan arsip Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dan objek penelitiannya adalah kegiatan dan cara arsiparis dalam memberikan layanan pengguna. Informan dalam penelitian ini diambil dari kalangan arsiparis dan non arsiparis di lingkungan ANRI dan pengguna yang datang lte rang baca pada saat penelitian. Informan kunci berjumlah lima orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu: (1) wawancara; (2) pengamatan partisipan; dan (3) penelitian dokumen sebagai pengkayaan infonnasi. Dari basil penelitian ini disimpulkan bahwa kinerja arsiparis dalam memberikan layanan pengguna belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari kompetensi yang dimiliki arsiparis yang belum sesuai dengan kriteria persyaratan arsiparis di layanan. Ditemukan bahwa sebagian besar arsiparis tidak mempunyai kemampuan bahasa asing, belum menguasai infonnasi khasanah arsip yang ada sehingga kesulitan berkomunikasi dengan pengguna dalam layanan konsultasi, kurang memahami deskripsi kerja dalam layanan, dan memiliki disiplin kerja yang cenden.mg rendah. Kinerja yang tidak optimal juga dipengaruhi kondisi kerja dan perilaku pimpinan unit layanan. Terhadap kondisi seperti ini pimpinan organisasi selayaknya meningkatkan kinerja arsiparis dengan pemberian peluang pengembangan karir, motivasi kerja, dan memperlakukan arsiparis secara adil.

This research is aimed at knowing archivist performance in the service unit. It is prompted by the unsatisfaction to the archivist service performance wich is clumsy and unresponsive to the user need. Thus, it is done in order to find out why such unsatisfaction service happen. This is a qualitative research whose subjects are archivists at the service unit of the National Archives of the Republic of Indonesia, while its research objects are the activities and the way how archivists deliver their service. The research informants are archivists and non-archivists of the National Archives of the Republic of Indonesia. Some users are also included as informants. This research has five key informants. Data were collected through interview, partisipation observation, and document research. The result of this research shows that archivist performance is still not optimum yet. It is known from the personal competence of these archivists which still does not match with the service archivist criteria. It is found that most archivists do not master any foreign language, have no idea about holdings information, less of communication skill, do not understand their own job description, and have low discipline. This low performance of archivist is also influenced by the working condition and the unsupporting behavior of service supervisor. It is suggested to the organization to improve the archivist performance through giving more career advancement, developing their work motivation, and treating them more fairly.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T37490
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 130 hlm. ; 30 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37490 15-21-51482609 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250563
Cover