UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Evaluasi buku ajar bahasa Belanda sebagai bahasa sumber bidang sejarah Tingkat Dasar

Triaswarin Sutanarihesti; Groeneboer, Kees, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Buku ajar berperan penting dalam proses belajar-mengajar. Proses ini dapat berjalan dengan baik dengan adanya buku ajar yang ideal. Buku ajar Bahasa Belanda sebagai Bahasa Sumber Bidang Sejarah Tingkat Dasar bertujuan memberikan pengetahuan dasar bahasa Belanda dan kemampuan membaca untuk memahami teks dalam bahasa Relanda kepada mahasiswa. Kemampuan membaca yang diajarkan masih bersifat menerjemahkan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah tujuan penyusunan buku tersebut tercapai dengan melihat kepadaan tujuan buku dengan kenyataan dalam buku dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan buku ajar tersebut sehingga aspek-aspek yang merupakan kelebihan dapat digunakan secara optimal dan dan bagian-bagian yang memiliki kekurangan dapat diperkuat. Dengan demikian buku ajar tersebut dapat digunakan semaksimal dan seefisien mungkin.
Dalam penelitian ini unsur-unsur yang digunakan untuk menganalisis buku ajar ialah (1) rancangan dan organisasi, (2) keterampilan membaca, (3) tata bahasa, (4) keterbacaan, dan (5) kesesuaian dengan kurikulum. Analisis ini menggunakan metode kualitatif. Buku ajar yang diteliti dideskripsikan dan dianalisis berdasarkan kelima unsur yang telah disebutkarr di atas. Di samping itu, analisis buku ajar tersebut e dilengkapi oleh basil vwawancara dengan beberapa pengajar mata kuliah Bahasa Belanda Sumber (BBS).
Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian tugas menerjemahkan sebelum tugas-tugas lain merupakan kelemahan dalam organisasi buku ajar. Urutan kegiatan yang selalu sama dalam bab 2-13 menyebabkan rahasiswa jenuh. Akan tetapi, kelemahan tersebut dapat disiasati dengan mengubah urutan tugas dan mengurangi tugas yang tidak mendukung pernerolehan keterampilan membaca teks. Pengetahuan mengenai urutan kata dalam kalimat dan pencarian kata dasar yang diperlukan oleh mahasiswa untuk menganalisis fungsi kata dalam kalimat agar dapat menerjemahkan kalimat disajikan secara tepat sejak awal proses belajar-mengajar.
Pemanfaatan aspek penyuaraan teks sesuai dengan urutan tugas dalam buku ajar tidak maksimal. Aspek tersebut sebenarnya dapat digunakan pada saat mahasiswa bertugas menentukan pola kalimat. Penawaran teks bertema sejarah yang diadaptasi dari tes autentik sesuai dengan minat mahasiswa. Ketidaklengkapan kurikulum mata kuliah BBS menyebabkan analisis dalam penelitian ini tidak dapat dilakukan secara menyeluruh. Penyempurnaan kurikulum BBS perlu dilakukan.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T37202
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 119 hlm. ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37202 15-22-25408841 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250830
Cover