UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Refleksivitas implikatur percakapan dalam tayang bincang politik di televisi Indonesia pada masa sepuluh bulan menjelang kampanye resmi pemilu 2009

Sitanggang, Natal P; F.X. Rahyono, supervisor; Muhajir, examiner; Untung Yuwono, examiner ([Publisher not identified] , 2009)

 Abstrak

ABSTRAK
Tesis ini berfokus pada analisis aspek makna refleksif secara pragmatik dalam implikatur percakapan. Sumber data dan sekaligus penanda ranah bahasa untuk penelitiannya adalah percakapan dalam tayang bincang politik di televisi Indonesia. Dengan memanfaatkan ancangan penelitian kualitatif, ditemukan sejumlah perangkat (reflektor) beserta bentuk performatif pengiring yang menjadi petunjuk utama keberadaan refleksivitas implikatur dalam percakapan itu. Dengan memanfaatkan teknik interpretasi, teridentifikasi bahwa penutur mengomunikasikan maksud dan tujuan politiknya dengan strategi melanggar dan juga mematuhi sejumlah maksim Prinsip Kerja sama. Sebagai bentuk tindak, reflektor pada dasamya mengimplikasikan sejumlah fungsi dan nilai. Dari temuan-temuan itu, terlihat adanya suatu konstruksi makna yang refleksif. Secara kontekstual, pengubahan bagian-bagian tertentu pada konstruksi itu akan memperlihatkan ketidakkoherenan konstruksi tersebut. Pendukungan konteks dan kekoherenan konstruksi itulah yang menandakan bahwa penutur membuat ujarannya benar-benar untuk tujuan refleksivitas komunikasi politiknya. Hasil pelitian ini dapat menjadi data kebahasaan sinkronis, dalam keperluan pembandingan untuk penelitian topik terkait berikutnya.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T25876
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 158 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T25876 15-19-237910123 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20251366
Cover