UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh cara aplikasi pengajaran metaforik gordon dan toleransi terhadap ambiguitas terhadap peningkatan kreativitas mengarang : efektivitas jenis program mengarang berbantuan kumputer pada individu dengan perbedaan gaya kognitif

Aliah Bagus Purwakania Hasan; Matindas, Rudolf Woodrow, supervisor; Djiwatampu, Meithy, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak

ABSTRAK
Kreativitas merupakan sesuatu yang penting untuk pembangunan bangsa. Namun banyak penelitian ilmiah yang mengindikasikan bahwa pendldlkan formal dan llngkungan sehari-hari cenderung menghambat dan mengabalkan stimulasi yang dapat mendorong terjadinya kreativitas. Untuk Itu, upaya untuk meningkatkan kreativitas, termasuk kreativitas mengarang. perlu ditingkatkan dengan balk.
Sejalan dengan kemajuan teknologi, dikembangkan pelatlhan mengarang yang menggunakan komputer {computer assisted writing). Terdapat dua jenis program mengarang berbantuan komputer yang diajarkan di pusat pembeiajaran komputer bagi anak dl Indonesia, yaltu mengarang tanpa bantuan gambar dan dengan bantuan gambar. Dalam penelitian ini program tersebut dllntegrasikan dengan pengajaran metaforik Gordon yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dengan mengajarkan strategl pemecahan masaiah yang unik (lieuristik): "membuat sesuatu yang biasa menjadi aneh, dan membuat sesuatu yan aneh menjadi biasa". : '
Mengacu pada model Interaksl manusla-komputer, faktor manusia dianggap sangat mempengaruhi efektivitas penggunaan komputer. Karena itu. dalam penelitian Ini. diperhatlkan keunlkan Indivldu pemakal komputer. Derajat toleransi terhadap ambiguitas. yang dianggap mempengaruhi tingkat kreativitas diambll sebagai salah satu variabel keunlkan indlvidu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pada orang yang intoleran terhadap ambiguitas, gambar (yang berfungsi sebagai penyangga) dapat membantu proses pengajaran metaforik Gordon daiam meningkatkan kreativitas mengarang; dan sebaliknya pada orang yang toleran terhadap ambiguitas justru mengurangi tingkat kreativitas mengarang. Penelitian ini diharapkan dapat membantu menentukan strategi yang tepat untuk meningkat kualitas kurikulum pengajaran berbantuan komputer dan kurikuium pengajaran mengarang yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama kelas dua yang berusia sekitar 13-15 tahun. Penelitian ini akan dilakukan dengan disain faktorial {randomized blocked factorial design) dan teknik statistik ankova. Untuk menilai peningkatan kreativitas menulis akan dipergunakan selisih nilai posttest dan pretest yang didapat dari analisis feature yang dikembangkan Sharpies. Sedangkan untuk mengukur intoleransi terhadap ambiguitas akan dipergunakan skala Likert yang dikembangkan oleh Budner Hasil penelitian ini secara keseluruhan memperlihatkan bahwa tingkat intoleransi terhadap ambiguitas dan cara apllkasi program mengarang berbantuan komputer mempengaruhi peningkatan skor kreativitas mengarang subyek. Pada keseluruhan karangan, tingkat kata dan frasa, serta tingkat kalimat terlihat bahwa kelompok yang menggunakan cara aplikasi program tanpa gambar lebih memancing peningkatan kreativitas mengarang daripada cara aplikasi program dengan gambar, namun pada tingkat karangan cara aplikasi program dengan gambar lebih memancing peningkatan kreativitas mengarang daripada cara aplikasi program tanpa gambar. Sedangkan untuk pengaruh derajat toleransi terhadap ambiguitas, kelompok yang toleran terhadap ambiguitas lebih mengalami peningkatan kreativitas mengarang daripada kelompok yang intoleran terhadap ambiguitas. baik pada keseluruhan karangan maupun semua tingkat karangan.

 File Digital: 1

Shelf
 S2264-Aliah B Purwakania Hasan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S2264
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 149 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2264 14-18-286220370 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20252703
Cover