UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Sistem perbankan nasional dengan sistem perbankan syariah suatu tinjauan komparatif

Sirait, Legalia Riama Uli; Hikmahanto Juwana, supervisor; Aloysius Uwiyono, examiner; Inosentius Samsul, examiner (Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Dalam dunia perbankan di Indonesia, keberadaan bank syariah ini sebagai alternatif sistem ekonomi konvesional. secara yuridis, Bank Sentral akan tunduk pada peraturan perundangan yang ada, yaitu Undang-Undang nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia, di dalamnya telah diatur pertumbuhan perbankan konvesional dan perbankan Syariah. Kita ketahui saat ini masih dalam proses melakukan sosialisasi perbankan Syariah kepada masyarakat. Dengan mengetahui perbandingan antara sistem konvesional dengan sistem syariah dapat melihat perbedaan seperti pengertian bunga dikatakan haram atau tidak, dan menjadi sorotan Perbedaan pokok antara Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensional adalah dilarangnya riba (bunga) pada perbankan syariah. Bila dilihat perbedaan yang paling nyata yaitu bila bank konvensional menghimpun dana masyarakat (nasabah) dan meminjamkan kepada debitor dengan sistem bunga (interest fee), sedangkan Bank syariah menghimpun dana masyarakat dan menyalurkan kepada pengusaha dengan skim bagi hasil (profit & loss sharing). Selain perbedaan, dapat juga dilihat kelebihan dan kelemahan, kendala dan pengaruh keberadaan di antara dua sistem perbankan (Syariah dan Kotivesional/umum) ini.
Tesis yang beijudul judul "SISTEM PERBANKAN NASIONAL DENGAN SISTEM PERBANKAN SYARIAH SUATU TINJAUAN KOMPARATIF" ini dengan menggunakan penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif analitis, yang berdasarkan teori-teori, kaidah-kaidah hukum tertentu serta fakta kasus yang ada, diharapkan dapat mengkaji perbedaar antara system perbankan konvesional dengan system perbankan syariah, kelebihan dan kelemahan dari kedua sistem perbankan tersebut maka perlu dipikirkan lebih pengaturannya di mana sumber-sumbernya tidak bertentangan dan saling tindih (misalnya dengan dibuatnya Undang-Undang tersendiri akan sangat menunjang keberadaan perbankan syariah khususnya di Indonesia, apalagi dengan maraknya perbankan syariah sekarang ini.)

 File Digital: 1

Shelf
 T37806-Legalia Riama Uli Sirait.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T37806
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : v, 98 pages ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37806 15-20-306358444 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20268685
Cover