UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Beberapa masalah dalam studi sastra bandingan

Maman Soetarman Mahayana; (Universitas Indonesia, 1994)

 Abstrak

Studi sastra bandingan. terutama di Indonesia, belakangan ini mengalami perkembangan yang amat pesat. Setidak-tidaknya, praktek-praktek sastra bandingan sebenarnya sudah sejak lama dilakukan --baik secara langsung maupun tidak-- para kritikus sastra Indonesia. Begitu banyaknya karya sastra asing yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia atau karya sastra Indonesia yang diterjemahkan ke dalam bahasa asing, memungkinkan orang mencoba membandingkan karya-karya tersebut. Perbandingan dua karya sastra atau lebih dari dua pengarang atau lebih yang berasal dari negara-negara yang berbeda itulah yang dimaksudkan sebagai sastra bandingan.
Mengingat begitu banyaknya rumusan mengenai konsep atau definisi sastra bandingan, maka tidak dapat dihindarkan terjadi­ nya berbagai rumusan atau konsep yang tumpang tindih. Di satu pihak. berbagai rumusan atau konsep itu saling melengkapi (komplementer) dan di lain pihak malahan cenderung mengacaukan. Sebagai usaha untuk mencoba "meluruskan" berbagai kecendrungan tersebut, diperlukan sejumlah contoh kasus sebagai semacam bentuk prkatek rumusan tersebut.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari berbagai persoalan yang muncul dalam studi sastra bandingan adalah perlunya memberi penekanan kembali pada persoalam metodologis dan pendekatan yang digunakan dalam praktek sastra bandingan. Dalam hal ini, mengingat sastra bandingan menyangkut masalah sosio budaya yang berbeda, maka analisis dalam studi sastra bandingan seyogyanya menggunakan pendekatan sosio-kultural. Lewat cara itulah, kemungkinan analsis dalam studi sastra bandingan dapat menangkap berbagai perbedaan sosio budaya yang melingkari diri pengarangnya masing-masing.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Maman S. Mahayana-Beberapa Masalah dalam Studi Sastra Bandingan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1994
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik 16 pages
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-Pdf 09-19-683446825 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20271998
Cover