UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Sistem penerbitan sastra di Malaysia tahun1950-an

Maman Soetarman Mahayana; (Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Dasawarsa tahun 1950-an bagi Malaysia merupakan tahun yang amat panting mengingat pada dasawarsa itulah gerakan ke­ bangsaan Malaysia dalam usaha bangsa itu memperoleh kemerdeka­ annya, makin memperoleh bentuk yang lebih jelas. Berbeda de­ ngan dengan Indonesia yang kemerdekaannya diraih melalui pe­ rebut kekuasaan dan kontak senjata, di Malaysia perjuangan ke­merdekaannya dilakukan dengan kekuatan 1 pena. Dalam hal ini peranan wartawan dan sastrawan dalam menumbuhkan dan menggelo­ rakan semangat kebangsaan, sungguh besar artinya "Merekalah yang secara gi9ih menolak pembentukan Malayan Union yang amat rnerugikan bangsa Melayu dan kemudian menyerukan aqar Malaysia segera memperoleh kemedarkaannya.
Mengingat peranan para sastrawan dan wartawan panting, maka aistem penerbitannya ikut menentUkan berhasil atau tidaknya usaha perjuangan mereka Ternyata,' keberhasilan sistem penerbitan itu sangat ditentukan oleh tiga faktor:
Pertama, peran ganda sastrawan-wartawanKurangnya tenaga wartawan, menuntut banyak sastrawan yang. bekerja sebagai war­ tawan atau diminta untuk mengelola rubrik tertentu yang dise­ lenggarakan berbagai media massa. Dengan begitu, memungkinkan karya sastra mereka dipublikasikan di media massa bersangkutan.
Kedua, peran ganda sastr.awan--karyawan Tidak sedikit sastrawan yang bekerja di bidang penerbitan. Oleh karena itu, memungkinkan karya mereka diterbitkan penerbit bersangkutan.
Ketiga, beberapa sastrawan ada yanq juga sebagai pemilik sebuah penerbitan atau pengelola salah satu rn dia mereka umumnya diterbitkan oleh penerbitannya sendiri. Ketiga faktor itulah yang memunqkinkan sistem penerbitan di Malaysia tahun 1950an.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Maman S Mahayana-Sistem Penerbitan Sastra di Malaysia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1996
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik iv, 23 pages
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-Pdf 09-19-165538061 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20272003
Cover