UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Kesadaran Sejarah Orang Ambon dalam Sastra Lisan: Kapata dan Lania atau Syair Sejarah

Leirissa, Richard Zakarias; (Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

ABSTRAK
Historiografi Indonesia modern sering kali tidak memperhatikan bentuk kesadaran masyarakat suku-bangsa. Hal itu disebabkan sebagian besar dari penelitian sejarah di masa kini dilakukan berdasarkan peninggalan kearsipan Balanda. Namun, tradisi lisan berbagai masyarakat lokal mengungkapkan peristiwa-peristiwa yang terjadi dimasa lampau yang dianggap penting dalam perjalanan sejarahnya. Bagaimana bentuk kesadaran sejarah di kalangan masyarakat Ambon merupakan suatu hal yang memerlukan penelitian yang menyeluruh. Tradisi-tradisi lisan itu mungkin sekali tidak lama lagi akan hilang karena makin berkurang "generasi penerusnya".
Tujuan penelitian:
Penelitian ini berupaya mengungkapkan bentuk kesadaran sejarah di kalangan orang Ambon seperti terungkap dalam kapata dan lania atau syair sejarah yang telah direkam di beberapa desa di kepulauan Ambon-Uliase.
Metode penalitian:
Metode pene1itian yang digunakan adalah sesuai dengan teori dan metodologi sejarah strukturis yang kini menjadi penting di kalangan ahli sejarah. Sumber sejarah terutama adalah bahan kepustakaan yang tersimpan di Perpustakaan Nasional Jakarta dan Arsip Nasional Jakarta.
Hasil penelitian:
Berdasarkan analisa mengenai hasil-hasil penelitian linguistik, dapat diketahui bahwa di wilayah itu terdapat suatu pola bahasa yang khas yang termasuk bahasa-bahasa Austronesia kuno yang kini tidak sudah makin berkurang digunakan. Di beberapa desa di kepulauan Ambon, terutama di pulau Seram, pulau Buru dan di desa-desa yang penduduknya beragama Islam, berbagai variasi dari bahasa itu masih. Kagata dan lania atau syair bersejarah diwujudkan dalam bahasa tersebut yang karena nilai sakralnya dapat dipertahankan hingga kini.
Kapata dan lania merupakan ungkapan kesadaran sejarah orang Ambon yang terkandung dalam tradisi lisan yang terutama menyangkut peristiwa peristiwa di awal abad ke-17 ketika terjadi perbenturan budaya sehubungan dengan kehadiran VOC.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-R.Z. Leirissa-Kesadaran Sejarah Orang Ambon.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1997
Sumber Pengatalogan
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik 25 pages ; 28 cm + appendix
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-757563798 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20272201
Cover