UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengungkapan diri wanita dalam persahabatan dengan sesama wanita

Sinaga, Heppida; Jeanette Retnasanti Suwantara, supervisor; Siti Purwanti Brotowasisto, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1998)

 Abstrak

Wanita adalah mahluk sosial yang senang membina hubungan dengan orang lain. Salah satu hubungan intim yang dapat dibina oleh wanita adalah persahabatan. Persahabalan merupakan hubungan yang bersifat sukarela dan tidak ada paksaan unruk berinteraksi dan partisipan berespon secara personal sama sama lain sebagai individu yang unik tanpa antrbut-atribut tertentu. Wanita menghargai persahabatan terutama dengan sesama jenis.
Dalam persahabatan antar wanita kegiatan yang paling banyak dilakukan adalah bercakap-cakap termasuk mengungkapkan diri. Pengungkapan diri merupakan tindakan individu untuk menceritakan berbagai informasi tentang dirinya, baik pikiran, perasaan, dan pengalaman kepada orang lain. Dengan mengungkapkan diri, hubungan persahabatan dapat lebih intim dan wanita juga dapat lebih memahami dirinya dan sahabatnya. Masalah-masalah yang dialaminya dapat dibantu sahabat untuk diselesaikan. Namun demikian pengungkapan diri tidak mudah dilakukan karena memiliki sejumlah rlsiko. Dengan mengungkapkan diri wanita juga bisa mendapat penolakan dari sahabat, konflik, dan putusnya hubungan persahabatan.
Melihat bahwa dalam pengungkapan dirinya wanita dapat memperoleh banyak manfaat, maka penelitian ini bermaksud mengetahui pengungkapan diri wanita dalam persahabatannya dengan sesama wanita yang sampai saat ini masih baik (memberi hasil yang positif). Penelitian ingin mengetahui lebih dalam topik-topik yang diungkapkan wanita dalam persahabatannya dengan sesama wanita, bagaimana topik-topik tersebut diungkapkan; faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengungkapan diri wanita kepada sahabat wanitanya dan hasil-hasil yang diperoleh dari mengungkapkan diri kepada sahabat wanitanya.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif Dalam pendekatan ini yang ingin dicapai adalah memahami penghayatan subyektif individu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Penelitian ini melibatkan 4 subyek wanita yang berada pada usia dewasa muda.
Hasil penelitian menunjukkan seperti yang dikemukakan secara teoritis, pengungkapan diri wanita kepada sahabat wanitanya bersifat ?luas? dan ?dalam?. Jadi, wanita tidak hanya mengungkapkan topik-topik yang umum dan superfisial saja kepada sahabat wanitanya tetapi juga mengungkapkan topik-topik pribadi dan rahasia. Atribusi, efek diadik, waktu, rasa suka, definisi tentang hubungan dan kepribadian mempengaruhi pengungkapan diri wanita sehingga wanita dapat mengungkapkan suatu topik atau tidak. Hasil yang subyek peroleh dengan mengungkapkan diri kepada sahabat berguna baik untuk wanita itu sendiri atau persahabatannya. Hasil negatif juga diperoleh dan mengungkapkan diri namun subyek tetap menganggap pengungkapan diri sebagai suatu yang penting dalam persahabatannya dengan sesama wanita.
Untuk penelitian selanjutnya disarankan mewawancarai sahabat subyek juga. Dapat juga dilakukan penelitian pengungkapan diri wanita dalam persahabatan dengan lawan jenis atau pada persahabatan antar pria. Selain itu perlu dilibatkan subyek dengan latar belakang yang beragam.

 File Digital: 1

Shelf
 S2757-Heppida Sinaga.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S2757
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1998
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 242 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2757 14-18-191384372 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20273668
Cover