UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Gambaran peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dalam upaya menurunkan prevalensi kecacingan pada anak usia sekolah dasar di Kec. Pulogadung

Dilda; Selly Arifiani; Sitti Syabariyah, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Masih tingginya prevalensi kecacingan pada anak usia sekolah merupakan suatu kondisi yang seharusnya tidak terjadi, karena pemerintah telah mencanangkan program pemberian obat cacing setiap enam bulan serta pendidikan kesehatan yang ditekankan pada masalah kecacingan rneiaiui UKS sebagai salah satu wadah yang sangat penting untuk meningkatkan perilaku hidup bersih-sehat dan menciptakan lingkungan sehat. Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif sederhana dengan jumlah sampei sepuluh sekolah dasar negeri yang merupakan total populasi.
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi sejauh mana gambaran peran UKS dalam upaya menurunkan prevalensi kecacingan pada anak usia sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuisioner oleh setiap responden yang berisi tentang data demografi dan pernyataan tentang peran UKS berdasarkan Trias UKS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelan yang paling dominan dilakukan adalah peran pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat, diikuti dengan peran pendidikan kesehatan dan peran pelayanan kesehatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa UKS memiliki peranan yang sangat besar dalam upaya menurunkan prevalensi kecacingan pada anak usia sekolah dasar, terutama dalam hal pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5328
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 31 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5328 16-22-63960245 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276360
Cover