UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Hubungan fungsi afektif keluarga dengan prestasi belajar mahasiswa FIK UI asal daerah = Relation between family affective function with student learning achievement of regular FIK UI student from country side

Rahmi Amalia; Hanny Handiyani, supervisor; Astuti Yuni Nursasi, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor ekstemal. Salah satu faktor eksternal yang memengaruhi adalah fungsi afektif keIuarga. Pada mahasiswa asal daerah, kemungkinan besar mereka mengalami hambatan-hambatan dalam pemenuhan fungsi afektif keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fungsi afektif keluarga dengan prestasi belajar pada mahasiswa reguler FIK Ul asaI daerah. Penelitian ini melibatkan 70 responden dengan teknik stratified random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif.
Hasil penelitian menunjukkan 30 responden (47,6%) memiliki fungsi afektif keluarga yang adekuat dengan IPK sangat memuaskan. Sementara 33 responden (52,4%) dengan fungsi afektif keluarga yang tidak adekuat juga memperoleh IPK yang sangat memuaskan, sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan koIerasi antara fungsi afektif keIuarga dengan prestasi belajar (p value = 0,467 ; α = 0,05).

Learning achievement is influenced by two factors, namely factors internal and external factors. One of the external factors that influence is a function family Affective. In the student from country side, most likely they experienced barriers in the fulfillment function family affective. This study aims to determine the relationship between family function affective with student achievement in the regular study FIX UI comes from country side. This study involved 70 respondents with a stratified random sampling technique. Descriptive correlative design usedin this research.
Research shows 30 respondents (47.6%) have a family affective function correlative with IPK adequate and have a very satisfactory IPK. While for 33 respondents (52.4%) with the families affective function who do not adequate also obtain a very satisfactory GPA, so that there can be no the relationship between family function affective with learning achievement (p value = 0.467, α = 0.05).

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5770
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 55 hlm.: ill.; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5770 16-22-20961467 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276530
Cover