UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Hubungan karakteristik individu dengan koping perawat dalam memberikan asuhan keperawatan terhadap anak dengan HIV/AIDS di Ruang Rawat Inap RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta

Herlina Febrianti; Melati Indah Putri Hermadi; Hutajulu, Melda; Ginting, Nurbetty Br.; Dewi Gayatri, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik individu dengan koping perawat dalam memberikan askep pada klien anak dengan HIV/AIDS di RSUPN Cipto Mangunkusumo. Desain yang digunakan adalah deskriptif dengan metode pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 88 responden. Hasil penelitian pada analisa univariat didapatkan bahwa rata-rata umur perawat 30,92 tahun, lama kerja 2,20 tahun, mayoritas berjenis kelamin perempuan (94,3%), dengan tingkat pendidikan mayoritas D-3 (81,8%).Koping perawat dalam merawat anak dengan HIV/AIDS didapatkan paling banyak memiliki koping destruktif yaitu 49 perawat (55,7%) dan koping konstruktif 39 orang perawat (44,3%). Sedangkan pada analisa bivariat menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara koping dengan karakteristik individu yang meliputi umur, jenis kelamin, dan lama kerja. Akan tetapi pada karakteristik tingkat pendidikan didapatkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan akan semakin baik koping konstruktif yang dimiliki oleh perawat.

This descriptive cross-sectional study aimed to determine the association between individual characteristics with nurses' coping in providing nursing services to pediatric clients with HIV/AIDS at Cipto Mangunkusumo Hospital. There were 88 subjects. Mean nurses' age was 30.92 years and mean length of service 2.2 years. Most subjects were female (94.3%) and had a D3-degree (81.8%). Most nurses had a destructive coping mechanism in serving children with HIV/A1DS (49 nurses; 55.7%); the rest had a constructive coping mechanism. No significant association was found between coping and individual characteristics of age, sex, and length of service. Nurses' educational level was positively associated with a constructive coping mechanism.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5905
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 61 hlm. : ill.; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5905 16-22-52494253 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276544
Cover