UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Hubungan kelompok penugasan dengan tingkat pemahaman Mahasiswa Ekstensi 2005 terhadap mata kuliah

Evi Aulia; Yunike; Rr. Tutik Sri Hariyati, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat menuntut mahasiswa untuk berfikir kritis, aktif dan berani mengeluarkan ide juga pendapat. Instansi pendidikan harus mampu memfasilitasi kebutuhan pembelajaran, salah satunya dengan mengembangkan metode pembelajaran yang efektif dan modifikasi yang tepat. Metode pembelajaran yang diterapkan di Fakultas Ilmu Keperawatan UI adalah Collaborative Learning dengan modifikasi kelompok penugasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa terhadap kelompok penugasan dengan tingkat pemahaman terhadap mata kuliah yang diberikan.
Metodologi yang digunakan adalah deskriptif korelatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan cara total sampling keseluruhan populasi mahasiswa FIK UI ekstensi 2005 sebanyak 91 orang, kemudian data di analisa dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menyimpulkan ada hubungan yang bermakna antara kelompok penugasan dengan tingkat pemahaman mahasiswa FIK UI program ekstensi 2005 terhadap mata kuliah p value < 0,000.
Peneliti menyarankan perlu diadakan penelitian yang sejenis dengan jumlah sampel yang lebih representatif tidak hanya mahasiswa ekstensi tapi juga mahasiswa reguler, sehingga hasilnya Iebih mungkin untuk digeneralisasi. Peneliti juga menyarankan agar dilakukan penelitian yang dapat membandingankan antara dua perguruan tinggi yang telah menerapkan metode pembelajaran Collaborative Learning dengan modifikasi lebih spesifik.

Technology and science developed rapidly leading student to think critically, active and able to propose ideas. Education institution had to be able to facilitate learning need, one of the way by developing effective learning method and appropriate modification. Learning method there was developed in Nursing Faculty of Indonesian University is Collaborative Learning by modify the assignation group. The aim of this research is to identify relationships between student perception to assignation group with understanding level to the lesson given.
Design used in this research is correlative descriptive with total sample are 91 extention student 2005 in Nursing Faculty of Indonesian University. The result of this research concluding that there is significance relationships between assignation group with student understanding level in extention student 2005 Nursing Faculty of Indonesian University to lesson (p value 0,000).
The researchers suggest other equal research need to be conducted with more representative sample not merely in extention student but also in regular student thus enable to generalizing the result. Researchers also suggest another research perfomed to compare between two University that applied Collaborative Learning method with more specific modification.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5489
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 39 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5489 16-22-70129760 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276556
Cover