Dismenore merupakan salah satu keluhan wanita yang dapat mengakibatkan gangguan aktifitas sehari-hari wanita termasuk remaja usia 10-16 tahun. Penelitian ini bertujuan rnengetahui hubungan tingkat pengetahuan remaja putri siswa SMP tentang menstruasi dengan kemampuan mengurangi dismenore. Penelitian dilakukan pada hari Sabtu 26 April 2008. Sampel dikumpulkan secara acak stratifikasi dengan 106 responden yang pernah mengalami dismenore. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelatif dengan alat menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa remaja putri yang memiliki tingkat pengetahuan rendah sebesar 68%, dan remaja putri yang memiliki kemampuan mengurangi dismenore kurang baik 63%. Tidak ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan tentang menstruasi dengart kemampuan mengurangi dismenore (p value = 0,595: α = 0,05). Penelitian akan lebih bermakna jika peneliti meneliti upaya reinaja untuk meningkatkan kemampuan mengurangi dismenore.