Iklan Iayanan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan motivasi ibu membawa anak
untuk imunisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh iklan Iayanan masyarakat
terhadap motivasi ibu membawa anak untuk imunisasi. Sample yang digunakan adalah para ibu
yang mempunyai anak 0-3 tahun di wilayah RW 05 Kelurahan Lenteng Agung Jakarta Selatan
sebanyak 93 orang dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan kuisioner untuk data demografi, data pemahaman iklan Iayanan masyarakat dan
data tentang motivasi ibu membawa anak untuk imunisasi yang keseluruhannnya berjumlah 47
pertanyaan. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif korelasi cross
sectional. Uji statistik yang digunakan adalah uji Spearman Rank Correlation. Hasil penelitian
menunjukan bahwa ada pengaruh iklan Iayanan masyarakat terhadap motivasi ibu membawa
anak untuk imunisasi.