UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengaruh metode sempoa terhadap perkembangan kognitif anak usia sekolah di Kelurahan Lubang Buaya

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Anak usia sekolah mengalami phobia terhadap pelajaran matematika, terutama bagi anak
kelas 1-2 SD. Berbeda pada anak usia sekolah yang mengikuti program metode
pembelajaran sempoa, dimana anak mampu mengungguli siswa lain yang kelasnya lebih
tinggi (Susi, 2001). Tujuan penelitian mengetahui perbedaan perkembangan kognitif pada
anak usia sekolah antara anak yang mengikuti program sempoa dengan anak yang tidak
ikut. Responden penelitian 30 orang, 16 kelompok kontrol dan 14 kelompok intervensi.
Persentase tingkat pendidikan yang terbanyak kelas 4 SD kelompok intervensi 23,3% dan
kelompok kontrol 16,6%. Persentase kelas 1-2 SD kelompok intervensi 13,3% dan
kelompok kontrol 26,6%. Desain penelitian adalah deskriptif komparatitf Analisa data
menggunakan rumus statistik unpaired t-test. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai t=
3,24, artinya ada perbedaan yang bermakna antara anak yang mengikuti program metode sempoa dan tidak terhadap perkembangan kognitif pada anak usia sekolah.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Nurhayati Khaier.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA4980
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 36 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA4980 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276904
Cover