UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengaruh orang-orang terdekat (significant other) dengan pembentukan konsep diri remaja di SMP Negeri 103 Jakarta

Lidia Oktri Vani; Wiwin Wiarsih, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Pengaruh significant other penting pada masa remaja, karena pada masa ini remaja mulai membentuk konsep dirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh significant other dengan pembentukan konsep diri pada remaja. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 103 Jakarta dengan mengambil responden remaja berusia 12-13 tahun sebanyak 81 orang dengan metode simple random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan uji Chi square untuk menganalisa hubungan antar variabel.
Hasil penelitian ini tidak ada pengaruh significant other dengan pembentukan konsep diri pada remaja (p value = 0.527 ; a = 0.05). Penelitian ini merekomendasikan optimalisasi peran perawat dan keluarga untuk memberikan bimbingan serta konseling sehingga remaja dapat membentuk konsep dirinya menjadi positif.

The influence of significant other is important in adolescence, because in this period adolescence begin to formatlon their self concept. The aim ofresearch is to know how big the influence of significant other with the formation of adolescence self concept. The research take place in 103 Junior High School in Jakarta with 81 participant (12-13 years old), use simple random sampling method. The research use correlation descriptive analyze with Chi square test. The instrument in this research is questioner.
The result show that there is no influence of significant other with the formation of adolescence self concept (p value = 0.527 ; a = 0.05). This research recommend the optimalisation of nurse and family role to give guide and counseling so adolenscence can formation their positive self consept.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5749
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 40 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5749 16-22-02776497 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276911
Cover