UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengaruh penerapan bilingualisme terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah (4-5 tahun) di Taman Kanak-kanak (TK) Miftahul Ulum dan TK Miftahul Jannah Kota Depok = The influence of the implementation of bilingualism to preschool student's cognitive development at TK Miftahulum and TK Miftahul Jannah Kota Depok

Fierdania Yusvita; Titin Ungsianik, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Perkembangan kognitif seorang anak dipenaruhi oleh beberapa faktor, salah satimya adalah penempan bilingualisme. Penelitian ini menganalisis mengenai pengaruh penerapan bilingualisme terhadap perkembangan kognitif seorang anak, khususnya anak usia prasekolah. Rancangan penelitian menggunakan rancangan deskriptif korelatif. Metode pemilihan sampel menggunakan systematic random sampling dan melibatkan 44 orang anak usia 4-5 tahun yang bersekolah di TK Miftahul Ulum dan TK Miftahul Jannah Kota Depok. Sebanyak 77,3% responden memiliki perkembangan kognitif yang tinggi dengan adanya penerapan bilingualisme. Hasil penelitian secara statistik menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna antara bilingualisme dan perkembangan kognitif anak usia prasekolah (4-5 tahun) (p = 0,003).

Miflahulum and TK Mylahul Jannah Kota Depok Children 's cognitive development is influenced by several factors, such as the implementation of bilingualism. It could be gained through bilingual’s application in formal education. One of the most suitable ages is in kindergarten. This research studied about the influence of bilingual implementation to student’s cognitive development, especially preschool students. The study used descriptive- correlative design and systematic random sampling. The study involved of 44 students between 4-5 years old studying at TK MM‘ahulum and TK Mytahul Jannah Kota Depok. The result showed that 77,3 % students applying bilingualism had high cognitive development. Statistically it showed that there was a significant effect between bilingualism and cognitive development in preschool children (p=0,003).

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5756
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 54 hlm ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5756 16-22-62877534 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20276930
Cover