UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Persepsi perawat tentang manfaat pendokumentasian asuhan keperawatan di ruang gawat darurat dan di ruang rawat inap Rumah Sakit PGI Cikini Jakarta Pusat

Sinaga, Lina Damaris; Loritta Yemina; Lestari Sukmarini, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan cross secrional yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran persepsi perawat tentang manfaat pendokumentasian asuhan keperawatan di ruang 'gawat darurat dan ruang rawat inap RS PGI CIKINI. Populasi pada penelitian ini adalah perawat yang bekerja di ruang gawat darurat dan ruang rawat inap. Sample pada penelitian aclalah total populasi sebanyak 43 orang perawat dari 425 orang perawat di RS PGI CIKINI.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perawat di ruang rawat inap mempersepsikan baik tentang manfaat pendokumentasian kepemwatan sebanyak 53,3%. Sementaxa persepsi perawat tentang manfaat pendokumentasian asuhau keperawatan mempersepsikan baik di ruang gawat darurat sebanyak 55,6%. Analis gambaran persepsi perawat tentang manfaat pendokumentasian asuhan keperawatan digunakan chbsquare dengan α= 5% rnenggunalcan instrumen kuisioner yang sebelumnya dilakukan uji coba dengan nilai Cronbach?s Alpha yaitu sebesar .660. Penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi perawat tentang manfaat pendokumentasian asuhan keperawatan di runga gawat darurat lebih baik dibanding dengan ruang rawat imap, didasari temuan manfaat pendokumentasian : aspek legal memiliki persepsi yang baik sebesar 93,3%. Hal ini memiliki kaitan erat dengan tindakan utama di ruang gawat darurat yaitu menyelamatkan nyawa pasien.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5624
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 41 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5624 16-20-756657736 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20277174
Cover